(9+3) Cara Membuat Judul Artikel Yang Menarik Perhatian Pengunjung

By
Mengapa kita harus repot-repot untuk mengetahui bagaimana cara membuat judul artikel yang baik dan menarik?

Sebagian dari anda mungkin memiliki pertanyaan tersebut.

cara membuat judul artikel yang menarik

Coba bayangkan:

Anda mendapatkan ide cemerlang tentang suatu topik – lalu anda bekerja keras untuk menulis sebuah artikel yang benar-benar berkualitas dan pasti akan bisa membantu pembaca blog anda.

Anda puas dengan apa yang telah anda tulis. Tiba waktunya bagi anda untuk mem-publish artikel tersebut – dan tidak cukup sampai disitu, anda juga mempromosikannya di berbagai Media Sosial.

Anda menunggu... menunggu... hening...

Tidak ada komentar. Tidak ada yang men-share tulisan anda. Dan yang lebih parah – bahkan tidak ada satu orang-pun yang tertarik untuk meng-klik dan membaca artikel anda.

Apa yang salah?

Disisi lain..

Anda menemukan blogger lain yang menuliskan topik yang sama. Anda lihat artikelnya tidak selengkap tulisan anda. Cara penulisannya juga tidak lebih menarik dari artikel anda.

Namun anda lihat posting tersebut mendapatkan banyak like dan ada yang men-share-nya di media sosial. Anda juga melihat artikel tersebut mendapatkan komentar – yang menjadi bukti bahwa ada yang membacanya.

Mengapa bisa seperti itu?

Ada beberapa faktor yang menentukan – seperti tingkat ke-Authority-an sang Blogger ataupun blognya, jumlah follower di Media Sosial, dan yang paling penting dari semuanya – judul artikel yang menarik.

Memangnya apa yang bisa membuat anda tertarik dan memutuskan meng-klik sebuah artikel untuk membaca isinya?

Coba anda bandingkan:
  • Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Dalam Semalam
Atau..
  • 3 Cara Ini Akan Membantumu Hilangkan Jerawat Dalam Semalam
Isi artikelnya sebenarnya sama, namun jika diminta untuk memilih – maka yang mana di antara 2 judul di atas yang akan anda klik?

Sepertinya sudah jelas – mayoritas dari anda pasti memilih untuk meng-klik judul yang kedua dan mengabaikan yang pertama.

Begitupula dengan orang lain, tidak ada bedanya dengan anda, mereka juga akan memutuskan hanya berdasarkan judul artikel – apakah akan membaca lebih lanjut atau tidak.

Dan yang lebih menarik lagi, beberapa studi kasus telah membuktikan bahwa:
  • Mayoritas orang men-share artikel hanya berdasarkan judulnya saja – tanpa pernah membaca isinya sama sekali.
Bagi anda yang selama ini rutin menggunakan media sosial pastinya sadar dengan fenomena tersebut.

Hingga disini, saya yakin sekarang anda sudah paham mengapa penting sekali untuk menguasai cara menulis judul artikel yang menarik dan juga baik.

Sekarang..., kita menuju ke pembahasan utama dari artikel kali ini – yaitu bagaimana membuat judul artikel yang menarik sehingga bisa memancing klik, mendapatkan like, ataupun di-share oleh orang-orang.

Mari kita mulai...

Dapatkan & Manfaatkan MATERI KOMPLITNYA

  Klik disini untuk melihat >>

9 Tipe Judul Artikel Yang Selalu Berhasil Menarik Perhatian Pembaca / Visitor

1. Rumus Umum Membuat Judul Yang Efektif

Sebelum melangkah ke macam-macam judul artikel yang lebih spesifik, ada baiknya anda memahami terlebih dulu rumus umum atau syarat dari sebuah judul bisa dikatakan baik dan benar.

Apa saja itu?

syarat membuat judul artikel yang menarik

Formula di atas memiliki hampir semua syarat yang dibutuhkan untuk membuat sebuah judul yang efektif – karena itu, banyak pakar copywriting yang telah membahas atau menyebutkannya dalam tulisan mereka.

Ada 5 komponen yang terdapat dalam formula tersebut, yaitu:
  • Angka
  • Alasan (Dasar) – kata-kata yang menyampaikan nilai, contohnya: cara, rahasia, tips.
  • Kata Kunci – kata / kalimat yang menjelaskan topik dari artikel
  • Kata Sifat (Keterangan) – contohnya: terbaik, mengejutkan, cantik
  • Janji – hasil yang akan didapatkan oleh pembaca setelah membaca konten

Jika anda perhatikan, saya yakin anda semua akan sepakat untuk mengatakan bahwa membuat judul yang efektif menarik pembaca ternyata – “Mudah”.

Saking mudahnya, sehingga banyak judul artikel yang jelek-pun memiliki komponen-komponen tersebut di dalamnya.

Perhatikan!

Memasukkan semua komponen tersebut dalam judul artikel anda memang mudah – yang sulit adalah meramu atau mendapatkan kombinasi yang pas.

Jadi judul tulisan anda tidak saja akan terlihat menarik, namun juga akan ‘terasa’ spesial.

Dan inilah yang akan anda pelajari lebih lanjut di bawah ini.

2. Cara Membuat Judul Tutorial Yang Membuat Orang Tertarik

Artikel tutorial adalah salah satu jenis artikel yang paling banyak dicari oleh para pengguna internet.

Karena itu saya yakin mayoritas dari anda pasti sudah sangat sering membuat judul posting yang dimulai dengan kata ‘Cara’ atau ‘Cara Untuk’.

Secara umum, formula untuk membuat judul artikel tutorial yang menarik adalah:

Cara / Cara Untuk + Tindakan (Perbuatan) + Manfaat / Keuntungan Bagi Mereka

Contohnya:
  • Cara Mudah Menghilangkan Lemak di Perut Dalam 3 Hari
  • Cara Meningkatkan Jumlah Visitor Blog Tanpa Menambah Artikel

Nilai jual yang membuat 2 contoh judul artikel di atas menjadi menarik dan ‘memancing’ orang untuk meng-kliknya adalah pada manfaat / keuntungan yang diberikan.

Banyak orang yang ingin menghilangkan lemak di perut mereka dengan cepat, jika kemudian ada yang menjanjikan itu bisa dilakukan dalam 3 hari – pastilah mereka akan merasa sangat rugi jika melewatkannya (tidak membacanya).

Perhatikan!

Sangat penting untuk benar-benar menyajikan apa yang sudah anda janjikan dalam judul yang anda buat – karena anda tentunya ingin mereka berkunjung kembali ke blog anda.

Jika isi artikel anda memang berkualitas dan sesuai dengan yang dijanjikan dalam judulnya, maka kemungkinan artikel anda untuk di-share juga pasti akan meningkat.

3. Alasan Artikel Yang Menyajikan Daftar (List Article) Selalu Disukai

Hal ini berhubungan dengan komponen pertama dalam rumus umum membuat judul yang efektif – seperti yang telah saya sebutkan di atas: Angka!

Berdasarkan data analisa dari 1 juta judul konten yang paling populer, Noah Kagan (salah satu Top Blogger) mendapati bahwa artikel yang menyajikan daftar berada pada posisi pertama.


Ini merupakan bukti konkrit bahwa orang-orang suka dengan list article.

Mengapa?

Ada beberapa alasan.

Pertama, angka memberikan kejelasan (clarity).


Seperti halnya anda, para pembaca blog anda juga lebih memilih untuk membaca sesuatu yang lebih jelas (sudah dapat mereka bayangkan).

Sebagai contoh:
  • Berbagai Tempat Wisata Menarik di Papua Yang Wajib Dikunjungi
bandingkan dengan...
  • 7 Tempat Wisata Menarik di Papua Yang Wajib Dikunjungi

Pada judul artikel yang pertama menggunakan ‘berbagai tempat wisata’. Sedangkan pada judul yang kedua, disana langsung disebutkan ‘7 tempat wisata’.

Sekarang mana yang lebih jelas menurut anda? Mana yang lebih spesifik? Mana yang lebih ingin anda klik?

Tentu saja, judul artikel yang kedua.

Dan data analisa juga mengatakan hal yang sama, orang-orang lebih memilih yang menggunakan angka – karena mereka merasa lebih pasti dengan apa yang akan mereka dapatkan.

Jika mengacu pada contoh – maka mereka akan bisa memastikan bahwa ada 7 tempat wisata yang akan diulas dalam artikel tersebut.

Alasan kedua mengapa list article sangat disukai adalah – karena terasa lebih mudah untuk dibaca.

Angka membuat pembaca dapat men-skim (membaca dengan cepat) sebuah artikel. Mereka akan melihat setiap bagian secara sekilas, dan akan berhenti pada bagian yang menurut mereka paling menarik – untuk membacanya secara lengkap.

Hal tersebut membuat mereka merasa lebih nyaman. Jadi tidak heran apabila data analisa juga mendapati jika judul artikel yang menyertakan angka mendapatkan klik yang paling tinggi.

4. Apa Yang Membuat Pembaca Anda Merasa Penasaran?

Selanjutnya, salah satu tipe judul yang juga banyak mendapatkan share adalah – Pertanyaan.

Contoh paling sederhana adalah seperti apa yang saya tulis pada sub-heading di atas.

Jadi berikan pertanyaan ke pembaca anda tentang suatu hal yang ingin mereka pelajari atau ketahui lebih lanjut. Mereka akan meng-klik untuk membaca selengkapnya ataupun men-share artikel anda karena pertanyaan tersebut mengindikasikan jika jawabannya ada dalam artikel.

Perhatikan!

Jangan hanya sekedar memberikan pertanyaan.

Salah satu kunci sukses untuk membuat jenis judul artikel ini menjadi efektif adalah – dengan mengajukan pertanyaan yang langsung membuat mereka terlibat.

Sebagai contoh:
  • Jangan bertanya – "Bagaimana menghilangkan jerawat dalam semalam?"
  • Tapi tanyakan – "Bagaimana menghilangkan jerawat anda dalam semalam?"

Saya yakin anda bisa merasakan perbedaan sensasi diantara keduanya.

5. 3 Kesalahan Penulisan Judul Artikel Yang Sering Dilakukan Blogger

Sebelum anda terlalu larut...

Bagian ini tidak benar-benar akan menjelaskan tentang kesalahan-kesalahan yang anda lakukan saat membuat judul.

Sub-headline di atas hanyalah contoh dari formula berikutnya yang akan kita bahas – yaitu menggunakan kata ‘kesalahan’.

Secara umum, semua orang takut melakukan kesalahan. Karena itu, menggunakan kata ‘kesalahan’ dalam judul hampir selalu efektif membuat semua orang tertarik untuk membacanya lebih lanjut.

Alasannya?

Apalagi kalau bukan karena rasa penasaran.

Bahkan walaupun kita yakin tidak melakukan kesalahan tentang suatu hal yang berhubungan dengan diri, lingkungan, ataupun pekerjaan kita – kita tetap merasa penasaran untuk membacanya – hanya untuk memastikan bahwa kita tidak melakukan sebuah kesalahan.

Perhatikan!

Kunci sukses dari judul yang menggunakan kata ‘kesalahan’ adalah pada penempatan yang pas antara topik dan audiens anda.

Jadi coba pahami lagi siapa audiens terbesar blog anda – gali apa saja hal-hal yang mereka pedulikan – dan buat artikel tentang kesalahan-kesalahan yang mungkin mereka lakukan pada topik-topik tersebut.

Saya yakin artikel anda pasti akan jadi populer jika disajikan dengan baik.

6. Berikut Ini Adalah Formula Judul Artikel Terbaik!

Bukan tanpa alasan jika Advanced Marketing Institute membuat Emotional Marketing Value Headline Analyzer.

cara membuat judul artikel yang baik

Sebuah studi yang dilakukan oleh Dr. Hakim Chishti (seorang peneliti terkenal) – menemukan bahwa beberapa kata tertentu bisa membangkitkan emosi (perasaan) lebih baik dari kata-kata lainnya. Dan dia juga mendapatkan bukti bahwa emosi bisa mendorong orang untuk bertindak.

Hasil penelitian tersebut tidak saja memberi masukan yang luar biasa di dunia marketing, namun juga di dunia blogging.

Mengapa?

Karena apabila judul konten yang anda bagikan berhasil mempengaruhi emosi (perasaan) orang-orang, maka besar kemungkinannya mereka pasti akan melakukan tindakan – entah itu memberikan komentar, memberikan like, men-share, atau apapun.

Garrett Moon dari CoSchedule bahkan pernah menunjukkan bukti bahwa model judul artikel yang seperti ini bisa meningkatkan jumlah share di media sosial.

contoh judul artikel yang mendapat banyak share

Lalu bagaimana cara membuatnya?

Berikut ini contoh dan penjelasan singkatnya:
  • Judul asli: 7 Cara Membuat Backlink Yang Sudah Terbukti
  • Judul yang lebih baik: 7 Cara Membuat Backlink Ini Sudah Terbukti dan Mudah Diikuti
Alasan kenapa lebih menarik: Karena anda tidak saja akan mendapatkan cara membuat backlink yang memang sudah terbukti, namun anda juga bisa mengikuti caranya dengan mudah. It’s a win-win!

  • Judul asli: Pentingnya Menetapkan Target dan Usaha Untuk Meraihnya
  • Judul yang lebih baik: Anda Tidak Harus Selalu Mencapai Target Yang Telah Ditetapkan
Alasan kenapa lebih menarik: Judul tersebut akan membantu membuat perasaan pembaca menjadi lebih baik dengan kegagalan yang pernah mereka alami. Artikel tersebut akan dibaca dan di-share oleh mereka – karena itu mencerminkan diri mereka sebagai seorang manusia.

7. Bingung Bagaimana Bersaing Dengan Kompetitor? Manfaatkan Brand Terkenal!

Apabila anda ingin membahas topik yang sudah sangat sering dibahas oleh banyak blogger lain, maka kemungkinan besar anda pasti akan menemukan kesulitan untuk membuatnya terlihat menonjol di antara yang lain.

Hal yang sama juga biasanya akan anda alami saat membuat artikel dengan topik yang sifatnya kompleks.

Lalu bagaimana cara mengatasinya?

Ada satu teknik yang sebenarnya sederhana, namun sangat efektif – yaitu dengan mendompleng nama brand yang sudah terkenal.

Sebagai contoh:

Ada banyak sekali blogger yang sudah menulis konten tersebut. Walaupun artikel anda lebih lengkap – lebih unik – atau lebih mudah dipahami, tetap saja anda akan sulit meyakinkan orang-orang untuk mau meng-klik dan membacanya.

Anda tidak mungkin membuat judul yang ‘lebay’, seperti:
  • Cara Merawat Kulit Secara Alami Terlengkap (Dijamin Sangat Lengkap!)

Kelemahan model judul seperti di atas adalah pada konten yang anda berikan. Karena apabila yang anda sajikan tidak seheboh judulnya – maka nilai authority anda akan langsung jatuh di mata pembaca anda. Dan mereka akan mengingat itu selamanya.

Karena itu manfaatkan saja nama/brand terkenal untuk membuat judul artikel anda lebih menarik.

Contoh:
  • Bagaimana Cara Merawat Kulit Secara Alami ala Chelsea Islan?

Judul di atas akan lebih mudah dalam menarik perhatian orang-orang dan anda juga tidak memberikan janji yang terlalu berlebihan.

8. Gabungkan Judul Dengan Sub-Judul

Tujuan dari menggabungkan judul dengan sub-judul adalah untuk menambahkan kejelasan (clarity) kepada calon visitor anda.

Saat ini menyajikan judul artikel yang ‘pintar’ seperti memasukkan beberapa long tail keyword dalam judul sudah tidak seefektif dulu.

Algoritma Hummingbird sudah membawa perubahan yang cukup signifikan dalam perangkingan di halaman search result.

Seperti yang pernah saya singgung dalam artikel mengenai SEO di masa depan dan juga studi kasus sederhana dalam teknik SEO dengan memanfaat psikologi manusia – perang anda yang sesungguhnya adalah untuk menarik perhatian manusia, bukan menarik perhatian robot.

Berikut contoh judul artikel dengan teknik ini:
  • Bagian Tubuh Wanita Yang Disukai Pria: 5 Yang Paling Membuat Mereka Tertarik

9. Cara Mudah Agar Judul Artikel Anda Selalu Dapat Menarik Pengunjung

Jika sub-headline di atas dapat membuat anda semangat dan ingin mengetahui bagaimana caranya, maka itu artinya saya cukup berhasil memberikan contoh.

Sorry...

Karena faktanya, tidak ada cara mudah yang bisa menjadikan anda sebagai seorang yang ahli dalam semalam.

Artikel ini pastinya akan membantu anda menjadi lebih baik dari 80% blogger lainnya di luar sana, namun anda juga harus melakukan praktek – dan itu membutuhkan waktu.

Inti dari teknik penulisan judul artikel ini adalah – anda menyampaikan bahwa ada cara yang (lebih) mudah / sederhana untuk mengatasi masalah yang dialami oleh pembaca anda.

Judul artikel seperti di atas akan selalu terlihat menarik karena mayoritas orang itu sibuk – sok sibuk – malas. Mereka ingin semuanya lebih mudah dan kalau perlu juga cepat.

Sebagai contoh:

Anda tentu akan lebih tertarik untuk membaca...
  • 3 Tips Sederhana Yang Ampuh Untuk Menghentikan Kerontokan Rambut
dibanding...
  • 3 Tips Cara Menghentikan Kerontokan Rambut

Sebagai Kesimpulan:

Jika berbicara mengenai cara meningkatkan traffic dan jumlah share (di media sosial) – maka judul adalah bagian terpenting dari konten anda.

Membuat judul yang selalu dapat menarik perhatian orang untuk meng-klik, memberikan like, ataupun men-share bukanlah hal yang mudah – anda butuh banyak praktek dan pemahaman yang mendalam.

9 cara membuat judul artikel menarik yang saya sampaikan di atas adalah formula yang sudah teruji dan bisa langsung anda pakai untuk menulis judul posting yang lebih baik.

Jadi, mulailah untuk menerapkannya pada konten-konten di blog anda.

Good luck!

Miliki Headline Fundamental + [BONUS] Langkah Praktis Meningkatkan Engagement

Klik disini untuk melihat >>

1 komentar: