Desain Blog: Hal Yang Meningkatkan Authority dan Rangking

By
Bagaimana cara menentukan desain blog terbaik adalah langkah yang penting untuk anda pikirkan – ini jika anda memang serius ingin membangun blog untuk jangka panjang.

Seperti yang telah saya sampaikan dalam artikel mengenai cara membuat blog yang keren, sengaja saya menempatkannya dalam urutan pertama.

Mengapa?

Anda sudah tahu jika Content is King – ini tidak dapat dibantah. Namun seorang raja tentu membutuhkan ratu untuk melengkapinya. Dan iya, Blog Design is the Queen.

cara membuat desain blog keren terbaik

Konten berkualitas memang berpengaruh pada rangking dan authority, marketing juga akan memberikan anda audien (visitor) tertarget yang potensial, namun semua itu akan sia-sia / tidak memberikan efek maksimal jika desain blog anda buruk / kurang menarik.

Bagaimana blog anda terlihat adalah yang menentukan apakah konten dan strategi marketing anda akan membawa anda ke arah kesuksesan – atau justru harus kembali merasakan kegagalan.

Mungkin anda pernah bertanya-tanya, ‘Mengapa sebuah perusahaan rela mengeluarkan jutaan atau bahkan ratusan juta rupiah hanya untuk mendapatkan sebuah logo dan warna yang sempurna sesuai dengan brand mereka?’.

Jawabannya sederhana. Karena perusahaan-perusahaan tersebut percaya dengan Data – bahwa 80% dari informasi tersampaikan lewat penglihatan.

Desain blog yang keren dapat membuat visitor anda selalu berkunjung kembali – betah berlama-lama membaca konten-konten berkualitas yang anda sajikan – dan melihat anda sebagai sosok yang memiliki authority.

Masih ingat rumusnya?

Time on Site = Kualitas Blog = Rangking
Authority = Trust = More Sales (Uang)

Ini juga termasuk salah satu strategi SEO Onpage, memang tidak selalu memberikan hasil yang cepat – namun 99% akan membuat blog anda bertahan lama saat sudah berada di halaman 1 SERP.

Lalu, bagaimana cara menentukan sebuah desain blog yang tepat?

Berikut ini beberapa hal yang harus anda perhatikan!

6 Hal Penting Dari Desain Blog Yang Menentukan Kesuksesan Anda


Header Blog Anda

Ini adalah bagian pertama yang akan dilihat oleh visitor anda. Header layaknya kartu nama (kartu bisnis) anda. Selain nama blog anda, pemilihan font – warna – gambar – hingga background sangatlah penting untuk dipertimbangkan dengan matang.

desain header blog yang baik menentukan kesuksesan

Semakin baik dan semakin akurat anda membuat header yang sesuai dengan niche serta brand anda – maka semakin mudah pula anda membuat visitor melihat blog anda sebagai sosok yang memiliki authority.

Pastikan Tetap Simpel dengan Navigasi Yang Rapi

Karena ‘goal’ anda adalah untuk membuat visitor betah berlama-lama dalam blog anda, maka pastikan blog anda tetap terlihat simpel dengan tombol-tombol (link) navigasi yang tertata rapi.

Visitor anda sudah cukup stres dengan segala permasalahan yang dihadapinya, jadi jangan ditambah lagi dengan tampilan blog anda yang kacau dengan link navigasi yang membingungkan. Visitor anda pasti akan segera meninggalkan blog anda.

Hal yang saya sebutkan di atas termasuk diantara adalah mengenai penempatan iklan. Terlalu banyak menjejali blog anda dengan iklan tidak akan membuat penghasilan anda bertambah secara signifikan – ini justru akan membuat visitor menilai blog anda sebagai blog yang jelek.

Pilih Theme atau Template Yang Cocok

Blog kecantikan tentu harus terlihat beda dengan blog otomotif – blog tutorial tentu harus terlihat beda dengan blog wallpaper – blog magazine tentu harus terlihat beda dengan blog personal – dll.

Karena itu, pilihlah theme / template yang paling sesuai dengan industri (tema umum) atau niche yang anda garap.

Pilih Font dan Warna Yang Cocok

Ini masih berhubungan dengan poin sebelumnya.

Saya tahu jika kebanyakan dari blogger (khususnya pemula), tentu enggan mengeluarkan uang untuk membeli theme / template premium – apalagi jika harus membayar jasa desain blog profesional. Karena itu, anda dapat melakukan sedikit customisasi pada theme / template yang anda gunakan – yaitu dengan mengatur warna serta font.

Pilih warna dasar dan font dasar yang paling sesuai dengan niche blog atau dengan brand yang ingin anda tanamkan ke visitor.

Tips!
  • Jangan memakai lebih dari 4 warna dalam blog anda – memakai 3 warna, dimana 1 yang paling dominan dan 2 sebagai warna pelengkap adalah pilihan terbaik.
  • Untuk font, setidaknya anda juga dapat menggunakan 3 jenis font, 1 untuk judul artikel – 1 untuk widget (sidebar) – dan 1 untuk isi artikel.

Pastikan Theme/Template Kompatibel dan Responsif

Hal ini sepertinya tidak perlu saya jelaskan secara panjang lebar lagi – anda tentu sudah paham jika sekarang adalah eranya mobile.

Jadi pastikan untuk menggunakan theme/template yang sudah mendukung HTML 5, yaitu bahasa pemrograman paling intuitif yang mengintegrasikan kompatibilitas dan responsibilitas.

Dengan begini anda akan menjamin jika blog anda tidak akan kehilangan pembaca dari perangkat apapun yang dipakai mereka.

Fast Loading

Yang terakhir ini sangat penting untuk anda perhatikan.

Coba lihat data berikut!

desain blog yang fast loading menentukan rangking

Data tentu tidak akan bohong, bahwa kecepatan loading blog anda memiliki korelasi erat dengan rangking blog anda.

Dan faktanya, desain blog yang indah – fungsional – dan beresolusi tinggi memang tidak harus berat serta lambat.

Pertimbangan:

Apa kita harus memakai jasa desainer blog?

Jika blog yang anda bangun memang diniatkan untuk menjadi ladang penghasilan jangka panjang dan anda memiliki dana, maka jawaban saya adalah sebaiknya iya. Hal ini terutama jika kemampuan koding anda juga sangat minim.

Namun jika anda memiliki sedikit pengetahuan tentang koding atau tidak malas membaca tutorial (harus jika anda ingin sukses), maka jawaban saya tidak perlu. Sudah sangat banyak theme / template siap pakai yang dijual di luar sana. Semuanya rata-rata sudah sesuai kebutuhan dan sangat mudah untuk di-customisasi.

Jadi, selamat melakukan customisasi pada desain blog anda! Semoga penjelasan di atas cukup mencerahkan.

Silahkan tinggalkan komentar atau pertanyaan jika anda memilikinya. Saya akan menjawabnya dengan hati.

0 komentar:

Posting Komentar