5 Strategi Membangun Backlink (Link Building) Yang Terbukti!

By
Ketika berbicara mengenai strategi backlink, maka ada beberapa hal yang harus anda pahami terkait perkembangan pada mesin pencari saat ini. Google sudah jauh berkembang dibandingkan beberapa tahun lalu.

Robot-robot Google semakin cepat dalam memahami sebuah pola dan mendatanya. Saat sebuah pola dianggap ‘tidak baik’, maka hanya diperlukan memencet ‘satu tombol’ untuk memberikan perintah ke robot agar menyapu bersih semua web/blog yang memiliki pola sama tersebut.

Inilah alasan mengapa saat ada satu blog yang menggunakan jasa backlink dari si ‘A’ kena tendang, maka mayoritas web dan blog lain yang juga menggunakan jasa si ‘A’ akan ikut kena tendang.

Sudah paham sekarang?

strategi membangun backlink yang ampuh

Namun saat pola tersebut masih dianggap baik-baik saja, maka blog anda akan aman. Pertanyaanya, sampai kapan?

Jadi lupakan cara-cara instan, apalagi kalau ada embel-embel kata ‘mudah’. Kecuali anda tetap menggabungkannya dengan berbagai teknik backlink lain yang masih dianggap natural, maka siap-siap saja untuk menerima kenyataan buruk yang menanti.

hindari membuat backlink yang berbahaya
Namun jika anda hanya ‘iseng’ untuk mencari recehan di dunia internet – sure, go ahead... lakukan saja cara-cara instan untuk membangun backlink.

Masih ada beberapa teknik bl4ckhat SEO yang dapat digunakan untuk membuat pengunjung blog anda meningkat drastis (walau hanya bersifat sementara). Toh saat blog anda terkena deindex atau account anda di-banned, anda tetap woles-woles aja... Apa iya begitu?

Perhatikan hal berikut ini:

Search Engine (khususnya Google) saat ini lebih mementingkan kualitas dibanding kuantitas. Karena itu, backlink yang memiliki nilai lebih di mata Google hanyalah backlink yang relevan, kontekstual, dan berasal dari authority site/blog.

Jadi jika berbicara mengenai strategi membangun backlink yang efektif saat ini, maka diperlukan dedikasi yang serius dalam proses link building untuk memenangkan kompetisi. SEO yang sukses adalah akumulasi dari waktu – tenaga (skill/kemampuan/pengetahuan) – dan uang. Titik!

Langkah-Langkah Membangun Backlink Yang Terbukti Efektif

1. Media Sosial

Google sangat menyukai Brand. Dan media sosial adalah tempat pertama yang paling cocok untuk mengenalkan Blog anda di Internet.

Karena itu, buat laman di media-media sosial untuk mengenalkan Brand anda. Pilih yang paling populer saja dahulu, seperti Facebook, Gplus, dan Twitter.

Kapan dibuatnya?

Segera setelah blog anda online atau bersamaan saat pertama kali membangun blog.

strategi mendapat backlink dari media sosial

2. Daftarkan Blog di Web Directory dan Blog Agregator

Ada yang bilang Blog/Web Directory dan Agregator sudah tamat dan tidak berpengaruh bagi SEO - that’s  bullsh*t

Faktanya:

Ada banyak sekali blog directory yang kena deindex Google ini adalah bukti jika backlink dari blog directory juga mendapatkan porsi poin dari Google. Jika tidak, buat apa si-Mbah harus repot-repot untuk melakukan deindex terhadap situs-situs web/blog directory?

Yang perlu dipertimbangkan adalah hanya pilih blog directory yang memilki PR tinggi. Tidak perlu banyak-banyak, cukup daftarkan blog anda ke 2 – 4 blog/web directory dan agregator.

Kapan dibuatnya?

Setelah blog cukup umur (tergantung peratuan dari masing-masing blog/web directory dan agregator) atau setelah blog memiliki cukup konten.

3. Bikin Backlink Profile

Saya yakin anda sudah sering membaca tulisan yang sharing mengenai cara menanam backlink pada halaman profile di Authority Website. Bahkan ada yang menjual jasanya untuk membuatkan model tipe backlink seperti ini.

Dari beberapa comment Thread yang saya baca di forum Ads.id, ada yang bilang backlink seperti ini sangat ampuh meningkatkan SERP dan jumlah visitor (biasanya yang bilang begini adalah penjual jasanya atau teman-temannya hehehe..., PISS Guys...).

Ada yang bilang cukup memberikan efek tapi tidak signifikan, ada yang bilang tidak memberikan efek apapun terhadap blog mereka, dan BANYAK yang bahkan tidak pernah (malas) untuk mencobanya sama sekali.

Faktanya:

Halaman profile pada Authority Web memang mayoritas berada pada “laman kosong / miskin konten” dan tidak memiliki satupun internal link dari halaman lainnya. Jadi selain sulit bagi Google untuk menemukannya (meng-index), ketika sudah ter-index oleh Google-pun backlink tersebut masih tidak memiliki nilai SEO yang signifikan (kecuali hanya meningkatkan DA dan PA).

mendapatkan backlink dari profil di authority website

Apa ini berarti backlink profile harus ditinggalkan???

Tidak!

Backlink profile masih tetap memberikan nilai SEO yang tinggi jika kita mengetahui cara memilih yang benar dan menyalurkan/membocorkan PR web tersebut ke blog kita (note: Google tetap menggunakan PR, walau update terbaru sudah tidak dibuka lagi ke Webmaster – ini menurut selentingan dan yang saya percaya).

Bahkan backlink profile (yang benar-benar bernilai SEO) tersebut menjadi salah satu jenis backlink andalan untuk Moneysite saya selama ini. Dan tidak pernah saya terapkan ke blog-blog (gratis) yang saya gunakan untuk praktek.

Perhatikan ini:

Kesalahan umum yang dilakukan banyak Blogger selama ini adalah melakukan spam backlink ke halaman profile yang mereka buat di Authority Website – akibatnya laman profile mereka langsung dihapus oleh Admin dari Web tersebut.

Anda harus memprioritaskan untuk membuat Profile Page di Authority Website yang memiliki PR paling tinggi terlebih dahulu.

Atau karena data Page Rank terakhir kemungkinan besar sudah tidak valid lagi, anda bisa melihat variabel lainnya, yaitu skor DA (Domain Authority) dari web-web tersebut.

Cara memilih Authority Website yang benar untuk menanam backlink profile

Anda harus membuat profile di Authority Website yang memiliki kriteria berikut:
  • Sifat backlink dofollow
  • Anda dapat membuat halaman yang kaya akan konten
Sayangnya tidak ada cara mudah untuk mendapatkan Web-Web dengan kriteria yang saya sebutkan diatas, karena memang struktur dari masing-masing web tersebut sangat beragam – jadi tidak bisa ditemukan dengan teknik footprint.

Jalan satu-satunya adalah dengan masuk ke masing-masing Authority Website tersebut, dan melihat halaman profile dari member-membernya.

Please... do not Spam your page! Anda tentu tidak ingin jerih payah anda menjadi percuma.

4. Backlink dari Social Bookmark

Ada yang bilang Sosbok sangat mantap sebagai sumber backlink.
Iya itu benar, tapi DULU – DULUUU.... sekali.

Berarti sudah tamat?

Tidak juga. Sosbok tetap bermanfaat sebagai backlink diversifikasi dan masih cukup bernilai bagi SEO jika diterapkan dengan benar.

Pilih sosbok yang memiliki PR tinggi (klo sekarang lihat DA-nya) dan sudah cukup berumur.

strategi struktur terbaik dalam membuat backlink

Cara Efektif Memanfaatkan Sosbok

Ada 2 cara yang saya gunakan dalam memanfaatkan Sosbok.
  1. Untuk jenis Sosbok yang memiliki kriteria mirip seperti Profile Page Authority Website yang link juice-nya dapat dialirkan/dibocorkan ke MoneySite, maka saya akan sekaligus membangun Authority Brand blog saya disamping membuat backlink ke artikel.
  2. Untuk jenis sosbok yang memiliki tipe kriteria lain seperti umumnya mayoritas sosbok (tidak bisa membuat halaman yang kaya konten), saya hanya akan memasang backlink ke halaman artikel.
Gunakan nama orang atau kata unik sebagai nama profile. Buat akun di beberapa sosbok PR tinggi secukupnya saja, tidak perlu banyak-banyak. Nantinya sosbok-sosbok ini bisa kita gunakan untuk beberapa Blog Utama kita.

Jika cara anda membuat blog sudah sesuai dengan yang saya sarankan dalam blog HWSEO ini, maka ke-empat tipe backlink diatas sudah akan cukup untuk membuat Google melirik Brand anda. Dan jenis backlink pamungkas berikut ini akan memberikan Efek Ganda yang akan langsung melesatkan posisi Blog anda di Halaman Hasil Pencarian!

5. Bikin Kontekstual Backlink

Apa itu kontekstual backlink?

Secara sederhana kontekstual backlink adalah backlink yang terdapat di dalam artikel. Contohnya adalah saat anda melihat link dalam blog ini yang mengarah ke Website atau Blog orang lain. Itu adalah tipe kontekstual backlink buat Web atau Blog mereka.

Google menekankan agar ini tidak dimanipulasi, dan backlink yang kita dapatkan benar-benar natural.

Namun dengan ‘pola berpikir’ dari mayoritas Blogger kita, apa mungkin?

Jangankan memberikan link ke Blog kita untuk sedikit kutipan yang mereka ambil, men-copas seluruh artikel saja mereka tetap santai, tenang, dan tidak merasa berdosa. No offense..., that’s the real fact

Itulah sebabnya saya lebih suka membuat blog berbahasa Inggris dan men-target negara-negara Premium. Dari sebuah gambar (yang tidak mereka edit) saja saya bisa mendapatkan backlink gratis.

Ok, back to topic...

Lalu bagaimana selanjutnya?

Anda harus membangun sendiri tipe kontekstual backlink ini. It’s not blackhat, nor whitehat technique. Bisa dibilang di tengah-tengah. Lagipula semua pelaku SEO pasti melakukannya, termasuk saya...

Cara termurah dan termudah untuk membangun kontekstual backlink adalah dengan membuat banyak web 2.0 yang nantinya anda pakai untuk menanam backlink ke Moneysite anda. Ada banyak layanan blog gratis. Pilih yang memiliki PR dan DA tinggi, mudah digunakan, dan tipe backlink dofollow.

Ingat diversifikasi – jangan membangun web 2.0 di tempat yang sama terlalu banyak.

struktur membuat backlink ke artikel

Cara Membangun Web 2.0 Untuk Menanam Backlink

Jangan terlalu spesifik saat membangun Web 2.0 yang akan anda jadikan sebagai tempat untuk menaruh backlink. Gunakan tema Umum yang sesuai dengan Niche General Moneysite anda.

Mengapa seperti itu?

Agar dapat  anda gunakan kembali saat anda membangun Moneysite yang baru. Inilah yang membuat pekerjaan membuat backlink berkualitas untuk Moneysite berikutnya terasa lebih enteng, dan posisi SERP Moneysite baru lebih cepat menanjak.

Tetap menjaga relevansi. Sedikit backlink yang relevan (walau dari blog dengan PA dan DA lebih rendah) jauh lebih SAKTI dibanding banyak backlink dari blog/web yang tidak memiliki relevansi sama sekali (walau memiliki PR dan DA tinggi).

Tempat lain yang juga bisa digunakan untuk menanam kontekstual backlink adalah:
  • Authority Web/Blog yang mengizinkan kita menulis artikel (Guest Post) dan memasang backlink (dofollow).
  • Forum (tema Umum / Related) yang mengizinkan posting dengan menyertakan backlink (tetap utamakan yang dofollow).
Perhatikan!

Kontekstual backlink yang anda buat pertama kali adalah untuk halaman Homepage Moneysite anda. Setelah Homepage blog anda sudah cukup kuat, baru selanjutnya anda bisa membuat backlink ke artikel anda.

That’s it... Sekarang tinggal giliran anda yang harus melakukannya.

Tinggalkan tanggapan anda di kolom komentar! Saya pasti akan menjawabnya.

46 komentar:

  1. mantap sense lanjutkan (Y)

    BalasHapus
  2. Makasih masbro.. ditunggu kursus angkatan barunya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ditunggu aja klo untuk kelasnya...belum saya tentukan pembukaan pendaftaran baru.

      Hapus
  3. trims atas infonya, tinggal saya terapin deh

    BalasHapus
  4. Beruntung ane bisa landing dimari., kualitas penjabaran trik nya super maknyus, lengkap dan berkualitas dan bahasa yang sederhana... thanks om atas penjabaran nya.. ijin bookmark buat baca baca lagi nanti..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Silahkan, senang jika dirasa bermanfaat...

      Hapus
  5. terimakasih banyak, sangat membantu sekali....

    BalasHapus
  6. Sangat bermanfaat, makasih sudah berbagi... :)

    BalasHapus
  7. kayaknya masih rumit....sorry newbie...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelan-pelan saja Bu, nanti juga paham sendiri.

      Hapus
  8. Mantap. Lengkap mas. Siap lanjutannya lagi.

    Febriyanlukito.com

    BalasHapus
  9. Memang mencari backlink sangatlah menguras tenaga, jika berlebihan optimasi malah konten yang sering terbengkalai. Jadi memang harus menerapkan manajemen waktu yang baik. Sukses!!

    BalasHapus
  10. web 2.0 nya apakah harus d backlink juga? jika ya, backlink nya juga harus dari DA tinggi mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu harus, semakin baik kualitas tier 1 maka semakin mudah moneysite kita melesat di SERP.

      Hapus
    2. Apa saja yang harus kita lakukan agar tier 1 berkualitas?

      Hapus
    3. Coba dibaca dan dipahami pelan2 penjelasan di atas, itu semua jenis tier 1 yang berkualitas jika dibuat dengan benar.

      Hapus
  11. kalau backlink dari blog zombie sekarang masih bagus gak gan, soalnya kan blogspot.com sekarang berubah jadi .co.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung kualitas blog zombie-nya. Klo untuk masalah ekstensi, itu bisa diakali dengan sedikit penambahan kode anti redirect.

      Hapus
  12. Mskh mas. Sya punya blog baru yang akan saya bangun. Secara alami, brapa lama backlink bisa terindeks google? Soalnya sya sering tanam backlink tanpa ada perubahan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung jenis backlinknya dan property yg dipakai untuk menanam backlink. Jika property yg digunakan 'bagus', biasanya dalam seminggu backlink sudah terindeks.

      Untuk membantu mempercepat backlink terindeks, anda bisa menggunakan bantuan tools (ada banyak yg bisa dipilih). Saya sendiri memakai cara mudah dan gratis untuk mengindeks backlink dengan cepat.

      Hapus
  13. Saat ini rasanya sulit sekali mencari sumber backlink yang ampuh, beberapa cara diatas pernah saya terapkan namun belum ada perubahan signifikan..

    BalasHapus
  14. Jangan hanya beberapa yang dicoba, tp semuanya. Klo tetap tidak ada perubahan signifikan, berarti cara membuat backlinknya yg masih kurang tepat.

    Teknik di atas masih tetap jadi andalan saya hingga saat ini (untuk blog2 utama saya - dan tidak saya terapkan di blog HWSEO ini). Yang paling nendang tentu kontekstual backlink, sisanya itu untuk diversifikasi.

    BalasHapus
  15. Terimakasih artikelnya gan, sangat bermanfaat bagi saya yang masi newbie, segera dicoba... dan saya tunggu artikel bermanfaat lainnya..

    BalasHapus
  16. terima kasih ...infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  17. thaks mas bro atas pencerahannya yang super komplit ini !

    BalasHapus
  18. mas bro, gimana caranya masukkin backlink ke artikel ?

    mohon bantuannya mas bro.. soalnya masi newbie nih.

    BalasHapus
  19. Benar2 jelas dan padatt...
    dan terbukti, blog HWSEO ini DA dan PA nya tinggiiii....
    menyimak stiap tulisannya, alurnya enak dibaca...
    makasih untuk masukannya.... sangat bermanfaat

    BalasHapus
    Balasan
    1. DA HWSEO tinggi itu krn masih pakai subdomain. Aslinya blogspot.com yg DA-nya tinggi bukan HWSEO.

      Hapus
  20. Tulisannya menarik mudah dipahami, saya juga masih belajar mengembangkan blog tapi mentok buat bikin backlinknya baru sebatas medsos dan bookmark saja, apa blogspot bisa jadi moneysite?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tentu bisa. Klo mau lebih terlihat profesional tinggal custom domain aja.

      Hapus
  21. masih bingung mengenai WEB 2.0 itu apa ?, bisa minta tlng dijelaskan

    BalasHapus
  22. makasih mas, sangat mencerahkan. makin semangat bikin backlink

    BalasHapus
  23. Bahas juga strategi yg untuk kontes donk mas..
    Kan klo kontes kita cm diberi waktu bbrapa bulan saja
    Untuk bs bersaing seperti ketentuan konteS SEO
    Makasih
    Sukes selalu

    BalasHapus
  24. Klo untuk kontes kebanyakan mengandalkan SPAM, yang penting di posisi 1 saat batas akhir, perkara seminggu kemudian kena 'tendangan tanpa bayangan' ke posisi antah berantah sudah bukan urusan.

    Hanya masalah timing aja.

    BalasHapus
  25. untuk tier 1, baiknya buat berapa web 2.0 gan? Setelah web 2.0 selesai dibuat, apakah harus selalu update kontennya? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada patokan harus buat berapa. Usahakan untuk selalu di-update, setidaknya 1 kali/bulan.

      Hapus
  26. menanam baclik adalah salah satu trik yang ampuh dalam meningkatkan traffik, namun harus berhati-hati jika web kita masih muda, kurang bagus

    BalasHapus
  27. Mantab. Makasih tipsnya gan. .

    BalasHapus
  28. thanks gan, artikelnya sangat bermanfaat sekali buat saya

    BalasHapus
  29. Cara Membangun Web 2.0 Untuk Menanam Backlink

    Jangan terlalu spesifik saat membangun Web 2.0 yang akan anda jadikan sebagai tempat untuk menaruh backlink. Gunakan tema Umum yang sesuai dengan Niche General Moneysite anda.

    Tanya : maksudnya jangan terlalu spesifik ? Apakah kita buat web 2.0 gado gado, atau sesuai niche money site ?

    BalasHapus