Cara Mendapatkan Uang Dari Blog: Fakta Yang Sebenarnya!

By
Pertanyaan klasik dari banyak blogger pemula – “Bagaimana cara menghasilkan uang dari blog?”.

Anda pasti pernah membaca pertanyaan seperti ini di forum2, grup2, dan komunitas2 yang membahas mengenai IM – atau mungkin anda sendiri yang pernah bertanya seperti itu. It’s OK!

Ini sebuah hal yang wajar bagi mereka yang memulai aktifitas bloggingnya karena mendengar betapa mudahnya mendapatkan uang dari Google Adsense. Setelah memiliki blog – mencoba berulang kali mendaftar di Adsense namun selalu tidak diterima – dan akhirnya pertanyaan seperti di ataslah yang muncul.

Informasi mengenai cara menghasilkan uang lewat blog juga sering ditanyakan oleh mereka yang saya sebut sebagai para Blogger Murni – yaitu mereka yang menggunakan Blog sebagai ‘diary’ digital mereka. Setelah traffic meningkat, maka mereka mulai kebingungan mencari cara terbaik untuk men-uangkan blog mereka.

cara mendapatkan uang dari blog

Walaupun tidak sama persis – dulu sayapun memiliki pertanyaan yang semacam itu. Namun karena dari awal saya membuat blog memang untuk memasarkan produk saya (nanti akan saya ceritakan), maka pertanyaan yang ada di benak saya adalah:

Bagaimana saya dapat memaksimalkan penghasilan dari blog saya?

That’s the right question for me!

Dan itu juga adalah pertanyaan yang tepat bagi anda – jika anda memang ingin menjadi seorang fulltime Blogger – jika anda memang berniat membangun sebuah Blog yang dapat menjadi sarana passive income (the real one of course).

Pada artikel kali ini saya akan mencoba mengupas itu semua. Dan karena memang saya selalu berbicara berdasarkan fakta – bukan karena ‘katanya’ si Anu atau si Itu – maka saya akan memberikan contoh nyata seperti apa blog yang menghasilkan uang dan yang saya bicarakan ini adalah ‘uang yang sesungguhnya’.

Darimana Uang Dihasilkan? 4 Pendapatan Utama Para Blogger

Mungkin anda pernah membaca artikel tentang 5, 7, ataupun 10 "Cara Memperoleh Penghasilan Dari Blog". Itu semua benar.

Namun jika ingin dipersempit, maka sebenarnya hanya ada 4 sumber penghasilan bagi para Blogger, yaitu:

1. Advertising / Periklanan

Ada banyak platform, namun intinya tetap sama – anda mendapatkan uang dari iklan yang ditampilkan dalam blog anda.

Yang termasuk dalam metode ini adalah Display Ads (ex: Google Adsense), Private Ads (anda menyediakan ruang dalam blog untuk para pengiklan), Paid to Review (anda dibayar untuk mereview produk sponsor), dll.

Untuk Blogger di Indonesia dan banyak negara lainnya – Adsense adalah primadonanya karena cukup mudah dikelola. Namun agar penghasilan yang didapatkan bisa maksimal (banyak), maka ada 2 syarat yang salah satunya harus terpenuhi:
  • Anda memiliki blog dengan niche yang spesifik, sehingga advertiser mau membayar lebih untuk setiap klik yang terjadi (agak susah didapatkan).
  • Anda memiliki blog dengan traffic yang melimpah (hal yang sangat sulit bagi pemula).
Karena itu, pada artikel cara membuat blog yang keren dan menghasilkan saya menyarankan agar tidak buru-buru memasang kode iklan pada blog yang baru dibangun – walaupun sudah mulai memiliki visitor.

2. Menjual Produk Sendiri

Mau bentuknya digital seperti Theme/Tempate, Plugin, Audio/Video, Ebook, Webminar, dll – ataupun fisik seperti Barang Kerajinan, Hewan Peliharaan, dll – Blog anda juga dapat digunakan untuk menjualnya.

Untuk metode ini, anda tidak perlu mencari visitor sebanyak-banyaknya.  Yang anda perlukan adalah mencari visitor yang tertarget.

Namun agar penghasilan anda dapat maksimal, maka ada 2 syarat yang harus terpenuhi – dan ini harus dua2nya:
  • Produk yang anda tawarkan memang berkualitas (ini harus jika anda serius ingin bisnis anda berumur panjang).
  • Blog anda (anda sendiri) harus terlihat memiliki Authority – dan ini di mata visitor. (kemampuan Copywriting sangat diperlukan)
Bagi anda yang terlalu terlena dengan fenomena Adsense – mungkin anda belum pernah mendengar bagaimana 2 gadis kembar identik (kebetulan mereka sangat cantik) dapat penghasilan yang ‘cukup besar’ hanya dengan menjual baju bekas mereka.

Visitor mereka tidak luar biasa – tidak banyak juga keyword yang mereka menangkan di Search Engine. Tapi visitor mereka sangat loyal – dan apapun yang mereka jual pasti laku.

3. Pelayanan/Jasa

Jika anda punya kemampuan tertentu (siapa yang tidak punya?) seperti menulis artikel, mengedit foto, memberikan kursus pelajaran, trainer, konsultan, web developer, dll – mengapa tidak menawarkannya melalui Blog anda?

Ini juga metode yang cukup cepat mendatangkan duit. Dan karena pekerjaan atau jasa yang anda berikan terbilang spesial – maka nilainya tentu cukup lumayan (yang jelas berkali-kali lipat dibandingkan penghasilan 1 hari dari Adsense – jika pengunjung blog anda masih berkisar 300 ke bawah).

Dan sama seperti di atas, semakin anda atau blog anda terlihat memiliki Authority di mata visitor – maka semakin mudah pula mendapatkan klien yang ingin menggunakan jasa atau layanan anda.

4. Affiliasi

Secara sederhana, sistem kerjanya adalah – anda akan mendapatkan uang (komisi) apabila ada orang yang membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan orang lain melalui link referal anda.

Terlihat cukup mudah, karena sepertinya anda tinggal meletakkan banner/link affilasi anda pada lokasi-lokasi yang cukup strategis di Blog anda.

Namun faktanya tidak seperti itu.

Agar penghasilan anda dapat maksimal menggunakan metode ini, maka anda harus:
  • Menjalin hubungan baik dengan visitor anda
  • Mendapatkan kepercayaan dari visitor anda
  • Memilih produk yang benar-benar tepat buat mereka
  • Meningkatkan traffic sesuai keyword dari produk affiliasi anda (kemampuan SEO diperlukan)
  • Mempromosikan produk affiliasi anda (kemampuan Copywriting diperlukan), dll
Setidaknya masih ada di atas 10 lagi checklist yang harus anda lakukan agar penghasilan dari affiliasi menjadi benar-benar optimal.

Bagaimana Menentukan Cara Meng-Uangkan Blog Secara Maksimal?

sukses mendapatkan uang dari ngeblog
Tergantung dari niche serta model blog yang anda kelola – setidaknya pasti ada 2 atau 3 metode yang cocok untuk anda terapkan pada blog anda agar bisa mendapatkan penghasilan yang maksimal.

Yang pasti, jangan hanya menggunakan 1 cara untuk memperoleh penghasilan dari blog anda – karena akan sangat rugi sekali.

Dan agar blog anda bisa menjadi sumber penghasilan yang dapat diandalkan – jika melihat penjabaran di atas, maka anda harus membangun blog anda dengan sungguh-sungguh. Blog anda harus mendapatkan Authority – setidaknya di mata visitor anda (karena merekalah sumber pendapatan anda – bukan robot).

Dan blog anda tidak akan mungkin mendapatkan Authority jika dibangun asal-asalan, bahasa yang sulit dipahami, menggunakan konten copas, menipu visitor agar mengeklik iklan, dan berbagai teknik malas serta curang lainnya.

“Tapi kan ada teknik agar keyword-keyword yang kita tembak cepat melesat ke atas. Tinggal pasang adsense, pakai theme/template yang high CTR. Beres. Uang mengalir deras ke akun kita.”

Come on guys... be serious... it’s 2015

Butuh berapa kali deindex baru paham? Butuh berapa kali kena banned baru sadar?

Lagipula, bagi anda yang sudah cukup umur atau memiliki pandangan jauh ke depan – anda tentu sependapat dengan saya, bahwa sukses itu bukan sekedar siapa yang paling cepat ke atas – namun siapa yang bertahan paling lama di atas.

Jadi tidak semanis janji ‘Roman Picisan’, menghasilkan uang (real money) lewat blog tidak semudah klak-klik klak-klik and then cring-cring. Tidak akan seperti itu jika anda menginginkan untuk jangka panjang.

Namun mendapatkan uang (maksimal) dari blog juga tidak sesulit ‘memasukkan benang ke jarum sambil lari mengelilingi Senayan’ (LOL), karena semua ada metodenya dan bisa dipelajari.

Jadi bangun blog anda dengan mengutamakan pelayanan ke visitor anda. Sediakan konten berkualitas yang dapat memuaskan mereka. Setting struktur blog dan artikel anda sesuai kaidah SEO yang benar (agar optimal di SERP). Setelah itu pilih strategi yang paling sesuai untuk mendapatkan penghasilan lewat blog anda. Saya jamin hasilnya pasti jauh lebih memuaskan.

Saya pribadi sekarang lebih memilih meng-uangkan Blog-Blog Utama saya menggunakan PPC (Google Adsense) dan Affiliasi. Sangat berbeda dengan 7 tahun lalu (waktu pertama kali saya mengenal blog) – dimana saat itu (th. 2008) saya membuat blog karena bingung untuk memasarkan produk saya.

Nanti akan saya buatkan posting tersendiri mengenai hal di atas – saya rasa akan cukup menarik – karena hanya dengan bermodalkan blog gratis dan ilmu pas-pasan, saya bisa mendapatkan penghasilan hingga 15 juta/bulan.

Blogger-Blogger dengan Pendapatan Tinggi

Sebagai bahan referensi, saya memberikan data 4 orang Blogger Top dengan penghasilan luar biasa – dan bagaimana cara mereka mendapatkannya.

1. John Lee Dumas
cara john dumas menghasilkan uang dari blog

Situs: EntrepreneurOnFire.com
Umur Situs: 3 th
Niche: Entrepreneurship, online business dan podcasting
Pendapatan total bulan Maret: $ 232.761,-
Pengeluaran total bulan Maret: $ 103.267,-
Pendapatan bersih: $ 129.494,-

Hanya dalam waktu 3 tahun sejak diluncurkan, John telah meraup lebih dari $ 3,7 juta dengan keuntungan bersih $ 2.8 juta – dimana dalam tahun pertamanya, Entrepeneur On Fire sudah dapat menghasilkan sebesar $ 69K.

Pendapatan terbesar John adalah dari Podcasting.

Dan karena Brand situsnya sudah sangat kuat – maka sumber traffic terbesarnya sudah bukan lagi dari SE, melainkan dari Direct type-in (orang langsung mengetikkan nama situsnya).

EntrepreneurOnFire adalah bukti bahwa anda tidak perlu visitor yang luar biasa banyak untuk mendapatkan penghasilan yang besar secara online. Anda hanya perlu memposisikan diri sebagai penyedia premium yang menjual produk berkualitas tinggi.

John mendapatkan lebih dari $ 130.000,- dari 3 buah produk (kursus yang dijualnya), yaitu: Podcasters Paradise, WebinarOnFire dan Firenation Elite Mastermind.

Berikut ini penghasilan total John Lee Dumas selama bulan Maret:
  • Pemasaran Affiliasi = $ 20.591,- dari merekomendasikan tools dan jasa bisnis
  • Periklanan = $ 75.442,- dari EOFire podcast sponsorship
  • Produk / Jasa = $ 136,588,- yang paling besar adalah dari "Podcasters Paradise"

Apa yang bisa kita pelajari dari John?
  1. Personal Branding: EntrepreneurOnFire.com adalah latihan membranding diri sendiri. Anda bisa melihat foto John ada di seluruh website dan dia juga menggunakan warna /elemen grafis yang sama di mana-mana. Kekuatan Brand inilah yang memberi kesan premium pada iklan/sponsor untuk podcast-nya.

2. Pat Flynn
cara Pat mendapatkan uang dari blog

Situs: SmartPassiveIncome.com
Umur Situs: 6,5 th
Niche: Internet Marketing / Blogging
Pendapatan total bulan Maret: $ 153.397,-
Pengeluaran total bulan Maret: $ 38.249,-
Pendapatan bersih: $ 115.147,-

Pat menulis setidaknya seminggu sekali tentang marketing, blogging, dan cara membangunan bisnis di blog SmartPassiveIncome. Dia juga menjalankan podcast yang memiliki rating sangat tinggi “Ask Pat” , YouTube channel populer ( dengan 43K pelanggan dan terus bertambah) dan Smart Podcast Player.

Selain itu, Pat juga menjalankan beberapa situs lainnya sepert GreenExamAcademy.com, FoodTruckr.com, dan SecurityGuardTrainingHQ.com

Pat mendapatkan mayoritas (70-80%) penghasilannya melalui afiliasi di SmartPassiveIncome.com. Selain itu, dia juga mendapatkan penghasilan utuh dari situs-situs seperti SecurityGuardTrainingHQ dan SmartPodcastPlayer dengan menjual produk digital.

Produk afiliasi yang paling laris dia jual adalah yang masuk dalam kategori niche 'make online blogging’ – ini termasuk hosting, produk SEO dan email marketing.

Berikut ini penghasilan total Pat Flynn selama bulan Maret:
  • Pemasaran Affiliasi = $ 117.435,- terutama dari promosi web hosting dan produk email
  • Periklanan = $ 22.020,- dari sponsorship AskPat podcast
  • Produk / Jasa = $ 10.778,- dari penjualan ebook berdasarkan niche situsnya dan web player untuk podcaster

Apa yang bisa kita pelajari dari Pat?
  1. Konsistensi sangatlah penting: Pat melakukan blogging secara teratur selama 6,5 tahun. Karena konsistensi inilah blog SmartPassiveIncome telah memiliki ikatan yang erat dengan para pembacanya – dengan blogger lainnya – dan dengan mesin pencari.
  2. Diversifikasi sumber pendapatan anda: “Jangan menaruh telur dalam satu keranjang”. Sepertinya Pat juga memegang teguh pepatah itu. Jadi jangan pernah meng-uangkan blog anda menggunakan 1 cara saja – cari kemungkinan-kemungkinan lain untuk memperoleh penghasilan dari blog anda.
  3. Personal Branding: Seperti halnya John Dumas, Pat Flynn juga melakukan hal yang sama.

3. Lindsay Ostrom
cara lindsay menghasilkan uang melalui blog

Situs: PinchOfYum.com
Umur Situs: 5 th
Niche: Food Photography / Cooking
Pendapatan total bulan Maret: $ 32.306,94
Pengeluaran total bulan Maret: $ 6.942,43
Pendapatan bersih: $ 25.364,51

Di kalangan Food Blogger – nama Lindsay Ostrom mungkin adalah yang paling dikenal. Pendiri PinchOfYum ini telah memotret dan mengabadikan kelezatan makanan melalui foto selama hampir 5 tahun.

Dalam perjalanan tahun ini, dia telah menumbuhkan blognya dari penghasilan hanya $ 21/bulan menjadi sebuah raksasa industri yang menghasilkan lebih dari $ 25.000,- setiap bulannya.

Dan yang paling menariknya - Lindsay berhasil membangun bisnis dengan penghasilan hebat ini pada niche yang hampir tidak pernah terpikirkan oleh banyak orang – food photography and blogging (FYI: seorang blogger di Jakarta sudah ada yang mencoba mengikuti jejaknya – dan kebetulan dia juga seorang wanita).

Lindsay sangat aktif di 2 social network – Pinterest dan Instagram – dengan total follower lebih dari 100K. Tentu saja para followernya ini menjadi penyumbang traffic yang sangat tinggi setiap harinya. Dan sebagai salah satu Brand terbesar dalam food blogging, PinchOfYum juga banyak mendapatkan referral traffic.

Pendapatan terbesar Lindsay adalah dari Periklanan. Dengan data jumlah visitor yang luar biasa dan posisi tawar Brand-nya yang tinggi, dia dapat memaksa pengiklan untuk membayar harga premium.

Berikut ini penghasilan total Lindsay Ostrom selama bulan Maret:
  • Pemasaran Affiliasi = $ 10.070,- terbesarnya adalah dari BlueHost
  • Periklanan = $ 16.460,- dari iklan food display
  • Produk / Jasa = $ 5.776,- lebih dari $ 4K/bulan didapatkan Lindsay dengan mengajarkan food photography

Apa yang dapat kita pelajari dari Lindsay?
  1. Umur blog berpengaruh: Lindsay telah melakukan blogging di PinchOfYum selama lebih dari 5 tahun – memiliki ratusan posting dengan ribuan gambar. Setiap posting baru yang anda buat akan memicu Search Engine untuk meracik kembali datanya dan memperbesar potensi traffic.
  2. Fokus pada visual: Traffic situs Lindsay terangkat secara signifikan setelah dia mulai mengambil gambar yang lebih baik untuk kreasi-nya. Bahkan best-selling kursusnya adalah teknik pengambilan gambar ini. Dalam era dimana gambar menjadi semakin mendominasi seperti saat ini, maka sangat penting bagi anda untuk mulai memberikan gambar yang lebih baik di blog anda.

4. Becky Mansfield
cara becky mendapatkan uang menggunakan blog

Situs: YourModernFamily.com
Umur Situs: 2,5 tahun
Niche: DIY,  family, home decor/organization
Pendapatan total bulan Maret: $ 28.200,-
Pengeluaran total bulan Maret: $ 6.500,-
Pendapatan bersih: $ 21.700,-

Becky pertama kali menulis posting di blognya YourModernFamily pada 8 Januari 2013. Dan hanya dalam waktu 2,5 tahun, blognya telah tumbuh menjadi salah satu mommyblog online terbesar dengan lebih dari 1.000 posting dan ratusan ribu pembaca.

Plus, dia telah berhasil mengembangkan blog dari $ 0/bulan menjadi $ 28.200,- (per bulan Maret) hanya dalam waktu 2,5 tahun.

Becky berbagi tips bagaimana mengurus rumah dan membesarkan anak-anak dalam blog-nya. Dia tidak terlalu memikirkan keyword, dan lebih fokus pada bahasa sehari-hari tentang bagaimana membesarkan anak dan menjalani kehidupan rumah tangga. Dalam blognya anda akan menemukan banyak tips-tips praktis yang langsung dapat dipraktekkan oleh pembacanya.

Pendapatan Becky melalui blog-nya terbagi hampir merata untuk setiap kategori – baik itu untuk produk sendiri (fisik maupun ebook), periklanan (dia menawarkan ruang iklan langsung ke advertiser), dan produk affiliasi.

Menurut banyak pakar online marketing, model penghasilan dari blog yang merata seperti inilah yang dikatakan ideal – khususnya di tahun 2015 ini.

Berikut ini penghasilan total Becky Mansfield selama bulan Maret:
  • Pemasaran Affiliasi = $ 7.890,- dia menawar macam-macam, mulai dari Jane.com – ABCMouse.com – hingga ShareASale links
  • Periklanan = $ 10.074,- Becky menjual ad space melalui AdThrive, Tap Influence, dan Izea
  • Produk / Jasa = $ 10.500,- dia menjual ebook dan buku paperback

Apa yang dapat kita pelajari dari Becky?
  1. Jadilah seperti pembaca anda: Becky tidak menulis tentang gadget atau teknologi terbaru. Dia menyediakan konten yang sesuai dengan pembaca blognya: yaitu ibu-ibu yang ingin mengurus keluarga dengan lebih baik. Dengan membantu pembacanya mendidik anak-anak, mengurus rumah dan menjalani hubungan – Becky mampu membuat hubungan yang mendalam dengan mereka.
  2. Tidak selamanya harus tutorial dan list: Banyak blogger cenderung lupa bahwa blog bukan hanya tentang “tips cara untuk atau daftar”. Anda juga harus terhubung dengan pembaca anda. Dan Becky melakukan hal ini dengan cara yang cukup luar biasa. Salah satu postingnya berjudul “Mommy, will you lay with me?” (Ibu, maukah kau berbaring disisiku?). Posting esai-seperti ini tidak memberikan solusi apapun. Namun posting seperti ini terhubung dengan pembaca pada tingkat emosional – dalam bahasa saya psikologi pembaca. Dan posting-posting seperti ini sangat memikat para pembaca blog-nya!

That’s it!

Anda sudah mengetahui bagaimana cara menghasilkan uang secara maksimal melalui blog yang anda kelola. Anda juga sudah dapat membayangkan bagaimana kenyataan dunia blogging yang sebenarnya.

Apa yang kita pelajari dari Blogger-Blogger Top dunia yang saya sampaikan diatas juga dapat langsung anda terapkan – tentu pilih yang sesuai dengan niche blog anda.

Dan ingat!

Mereka adalah contoh-contoh nyata. Bukan hanya klaim sepihak. Bukan sekedar foto Screen Shot di Social Media. Jadi sebaiknya jadikan ini sebagai gambaran bagaimana seharusnya anda membangun bisnis anda melalui media online.

Semoga mencerahkan! Jangan lupa tinggalkan komentar anda – atau silahkan jika ingin bertanya, saya pasti akan menanggapinya.

8 komentar:

  1. Balasan
    1. Blog ini tipenya B2B, jadi penghasilannya dari orang2 seperti mas Musthafa.

      Hapus
  2. maksudnya pengahsilan dari kita2 ni seperti apa mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksudnya, krn pembaca blog ini adalah para Blogger dan Web Owner, maka penghasilannya adalah dari para Blogger dan Web Owner yang memakai jasa ataupun membeli produk yg saya tawarkan.

      Hapus
  3. kalo diliat dari blogger2 top dunia diatas mereka itu membuat blog buat keuntungan jangka panjang ya diliat dari umur blog mereka dan juga mereka nge-blog dengan niche yang sesuai keahlian mereka, makasih mas hendra artikelnya makin membuka wawasan saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika ingin menjadi fulltime Blogger dimana penghasilan kita memang hanya dari blog, maka faktor 'jangka panjang' adalah Prioritas Utama. Sedangkan untuk niche, selama kita suka dan mau terus belajar (membaca) - maka tidak harus menjadi ahli dulu untuk menggarapnya.

      Senang jika ternyata artikel di atas bermanfaat buat mas Agustiar. Terus semangat!!

      Hapus
  4. tks... sangat menginspirasi....terutama Becky Mansfield

    sepertinya enjoy dalam ngeblog...

    salam
    partisimon

    BalasHapus
  5. Mendapatkan uang dari blog memang membutuhkan sedikit modal..tapi untuk sukses didunia blogging membutuhkan proses yang tidak sebentar.. Tidak sedikit yang gagal dan akhirnya putus ditengah jalan.. Ulasan yang bgus kak motifasi buat saya untuk trs semangat ngeblog..

    BalasHapus