Konten Berkualitas: 3 Unsur Vital Yang Harus Diperhatikan!

By
Saya yakin banyak diantara anda yang bertanya, “Seperti apa sih konten yang berkualitas itu?”... “Bagaimana cara membuat konten yang berkualitas?”

Setiap materi / thread / artikel yang mengajarkan tentang SEO dan blogging selalu mengatakan bawa “Content is King”. Dan hampir semua blogger juga sepakat dengan hal tersebut.

Masalahnya...

Bagaimana kita bisa membuat konten yang berkualitas jika kita sendiri tidak paham seperti apa konten yang dapat dikatakan berkualitas.

Sebelum kita melangkah lebih jauh, mungkin ada yang masih belum mengerti apa yang disebut dengan konten.

Konten ≠ Artikel

cara menulis konten berkualitas

Secara bahasa sederhana, Konten Blog = Isi dalam Blog

Isi dalam blog kita termasuk diantaranya adalah; artikel – gambar (infografis, foto, tabel, dll) – video – ebook, dsb.

Semua yang kita berikan/tawarkan dalam blog kita kepada para pengunjung itulah yang harus dibuat berkualitas. Dan tentu saja konten dalam setiap blog akan memiliki sedikit perbedaan – tergantung dari Niche masing-masing blog.

Mengapa Membuat Konten Berkualitas Sangat Penting?

Saya sering membaca (baik di Forum maupun Grup IM), orang-orang yang bertanya – mengapa konten (artikel) mereka cepat sekali merosot peringkatnya di hasil pencarian Search Engine.

Mungkin anda juga termasuk salah satu orang yang memiliki pertanyaan seperti itu.

Dan apabila hal ini terjadi, kebanyakan blogger selalu berpikiran bahwa mereka harus memperbanyak backlink. Sehingga tidak heran jika banyak sekali blogger yang mencari informasi mengenai cara membuat backlik.

Faktanya...

Saat ini mesin pencari sudah jauh lebih pintar dalam menentukan peringkat bagi masing-masing blog. Dan seperti yang telah saya jelaskan pada artikel sebelumnya – interaksi pengunjung menjadi salah satu faktor yang semakin dianggap penting oleh Search Engine.

Jadi tidak peduli sehebat apapun teknik SEO yang anda gunakan – atau secanggih apapun strategi backlink yang anda terapkan, semuanya akan percuma jika konten anda tidak cukup berkualitas di mata pengunjung. Cepat atau lambat, blog anda pasti akan tersingkir dari halaman 1.

Dan karena mayoritas pengunjung dari HWSEO memang bukan Blogger yang benar-benar pemula, jadi saya rasa tidak perlu bagi saya untuk menerangkan lebih lanjut / memberikan bukti akan pernyataan diatas – anda sudah mengetahuinya ataupun mengalaminya sendiri.

Setidaknya ada 3 hal penting mengapa anda harus menyajikan konten yang bekualitas bagi pengunjung, yaitu:
  • Akan meningkatkan time on site
  • Akan meningkatkan interaksi pengunjung
  • Akan menambah nilai trust
Semua hal diatas nantinya akan bermuara pada rangking blog yang lebih tinggi / dapat bertahan lama di halaman 1 hasil pencarian, dan hal yang diinginkan semua Blogger – lebih mudah atau lebih banyak menghasilkan uang.

Konten Seperti Apa Yang Dapat Dikatakan Berkualitas?

cara membuat konten yang berkualitas
Sesuai dengan apa yang saya janjikan pada judul artikel diatas, kali ini saya akan membahas 3 elemen penting yang harus ada dalam setiap konten.

1. Harus Memberikan Manfaat

Konten yang baik adalah yang mampu memberikan solusi terhadap setiap permasalahan yang dialami oleh pembacanya. Jadi tidak heran jika setiap keyword yang diawali dengan kata “Cara” selalu memiliki jumlah pencarian yang tinggi.

Semakin detail konten tersebut dalam memecahkan masalah, maka semakin berkualitas konten tersebut di mata pengunjung.  Meningkatkan nilai trust dan engagement.

2. Harus Menarik Untuk Dibaca

Konten yang berkualitas bukan hanya sekedar ‘apa yang anda sajikan’ – namun juga ‘bagaimana cara anda menyajikannya’.

Anda tentu masih ingat penjelasan saya pada artikel sebelumnya – dimana saya berhasil memenangkan persaingan keyword yang memiliki jumlah pencarian 18K/bulan hanya dengan merubah ‘cara penyajian’ konten. Hal yang membuat CTR dan time on site meningkat, dan akhirnya melesatkan posisi artikel tersebut di no.1 Google Search.

Tidak peduli seberapa sering Google meng-update algoritmanya, atau seberapa banyak algoritma yang dikeluarkan oleh Google – High Authority Blog/Web akan selalu dibanjiri oleh pengunjung.

Mengapa?

Karena pengunjungnya setia. Dengan kata lain – High Authority Blog/Web memiliki banyak loyal visitor.

Tips!
  • Jangan pernah menyajikan konten seperti literatur di buku-buku pelajaran sekolah!
  • Anda seorang Blogger. Konten anda harus terlihat dan terasa lebih personal. Saat membuat konten, anggap anda sedang menjelaskan sesuatu ke teman dekat anda.
  • Gunakan gaya bahasa yang mudah dimengerti – jangan merasa ‘sok pintar’ dengan memakai istilah-istilah yang sulit.

3. Harus Memiliki Nilai

Apapun jenis konten yang anda sajikan dalam blog anda, pastikan itu cukup bernilai bagi pembaca anda. Entah itu membuat pembaca anda merasa senang, bersemangat, terhibur, atau apapun yang dapat membuat mereka merasa lebih baik.

Sebuah foto-pun dapat dikatakan sebagai konten berkualitas jika itu mampu meng-inspirasi pengunjung blog anda – atau membuat mereka ingin membagikannya ke teman-teman mereka.

Saat anda membuat konten untuk blog anda, coba tempatkan diri anda sebagai pengunjung. Apa yang kira-kira anda inginkan untuk sebuah topik tertentu – dan tuangkan hal tersebut pada konten yang anda buat.

Jujur dalam menilai hasil kerja anda. Jika sebuah konten tidak cukup bernilai di mata anda, maka itu juga tidak akan bernilai di mata pengunjung blog anda – dan pastinya juga akan tidak bernilai di mata mesin pencari.

Jadi buat apa repot-repot mem-publish sesuatu jika itu hanya akan menambah ‘sampah’ di dunia maya yang memang sudah sangat banyak?

Jika anda sudah mampu atau selalu berusaha untuk menyajikan konten berkualitas (bermanfaat dan menarik) – maka anda sudah berada di atas Blogger kebanyakan. Langkah anda untuk meledakkan pengunjung blog dan meningkatkan penghasilan dari blog akan menjadi semakin ringan.

Iya, tapi...

“Membuat konten berkualitas itu tidak gampang.”

Saya tau. Itulah alasan mengapa penulis konten ber-label A++ memiliki tarif mahal. Itulah alasan mengapa semua Top Blogger mempelajari teknik Copywriting – termasuk saya (walau saya belum termasuk Top Blogger - setidaknya penghasilan saya belum sampai $10K/month hehe..).

Namun jika anda memperhatikan 3 unsur vital yang saya sebutkan diatas dalam setiap konten yang anda buat, maka anda sudah jauh lebih baik dari kebanyakan Blogger. Sisanya tinggal trial and error untuk menemukan ‘printilan-printilan’ kecil yang membuat blog anda cepat mendapatkan Authority.


Jadi, selamat berkreasi untuk membuat banyak konten yang berkualitas bagi blog anda! Good luck!

Jangan sungkan untuk meninggalkan tanggapan ataupun pertanyaan jika anda memilikinya. Saya pasti akan menanggapinya.

7 komentar:

  1. Ijin nyimak gan hendra ane masih pemula thanks u

    BalasHapus
    Balasan
    1. Good luck buat first medianya mas...

      Hapus
  2. hmmm... ternyata konten tidak sama dengan artikel ya.... mulai menata ulang blog nih... makasih pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas, senang bisa bermanfaat...

      Hapus
  3. Setelah membaca hampir semua artikel agan, saya rasa agan sudah termasuk Top Blogger :).

    Salam kenal gan. Saya masi newbie. mohon bimbingannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Gan, saya masih terus mengembangkan diri. Never stop learning.
      Salam kenal juga.

      Hapus
  4. ijin belajar gan masih newbie...

    BalasHapus