Cara Memilih Niche Blog Terbaik dan Profitable

By
Bagi semua Blogger – khususnya mereka yang ingin memiliki penghasilan (besar) dari blognya – maka memilih niche terbaik dan tepat adalah sebuah keharusan.

Masalahnya, walaupun secara umum sudah sering mendengar istilah niche – namun masih banyak saja yang salah dalam memahami serta menentukan Niche yang tepat untuk blog yang akan mereka bangun.

Pada artikel Panduan Cara Membangun Blog Niche, saya sudah menggambarkan secara sederhana seperti apa seharusnya anda menetapkan niche bagi blog anda. Hal tersebut penting untuk dipahami agar kegiatan blogging yang anda lakukan tetap fokus di ‘dalam jalur’.

Goal (target) yang ingin anda raih tentunya adalah Authority (disukai oleh robot Search Engine – terutama Google – dan dipercaya pula oleh visitor). Jika sudah seperti itu, maka penghasilan maksimal dari Blog bukanlah sebuah impian lagi.

cara menentukan niche yang tepat

Lalu seperti apa cara memilih niche blog yang tepat?

Perhatikan!

Pertama-tama anda harus menetapkan dulu tema utama dari blog anda. Apakah itu Kesehatan, Kecantikan, Olahraga, Otomotif, Teknologi, dsb...

Untuk blogger pemula, sebaiknya pilih tema yang merupakan hobi anda atau tema yang anda mengerti. Jika sudah paham alurnya, maka membuat blog dengan niche apapun nantinya akan menjadi semakin mudah.

Setelah anda memilih tema blog anda, maka pecah tema tersebut ke dalam sub-sub tema yang lebih kecil. Itulah niche yang layak untuk dikembangkan dalam blog anda.

Namun tentunya tidak asal comot begitu saja, karena anda tentu tidak ingin bersaing dengan para ‘raksasa’ di dunia online (kecuali memang anda memiliki modal yang cukup – uang dan ilmu).

Agar cepat memperoleh penghasilan dari blog anda, maka anda harus memilih niche yang memiliki jumlah pencarian banyak, memiliki tingkat persaingan medium – low, dan mempertimbangkan beberapa faktor lainnya.

Sebagai contoh:
  • Saya akan menggunakan tema Kecantikan, dan akan mengambil sub tema Perawatan Kulit sebagai niche yang ingin saya riset.

Hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih niche dan keyword utama untuk Blog anda:

A. Memiliki Jumlah Pengiklan Yang Cukup

Karena tujuan anda membuat blog memang untuk mendapatkan penghasilan, maka anda harus memilih niche/keyword utama yang profitable.

Cara pertama untuk mengetahuinya adalah dengan melihat data pengiklan.

Ketikkan “kata kunci” di Google Search dan perhatikan iklan-iklan yang muncul pada halaman hasil penelusuran maupun pada blog-blog Adsense yang memilik tema sama dengan yang ingin anda bangun.

Jika muncul iklan yang sesuai dengan keyword yang anda ketikkan pada kolom hasil penelusuran atau di laman blog yang anda buka, maka itu tandanya keyword tersebut layak untuk digunakan.

Contoh:

Saya akan mencoba melihat seberapa potensial niche (kata kunci utama) ‘perawatan kulit’ secara cepat.

melihat pengiklan untuk niche perawatan kulit

pilih niche yang memiliki banyak pengiklan

Semakin banyak iklan yang sesuai ‘kata kunci’ muncul, maka semakin potensial kata kunci tersebut.

B. Memiliki Volume Pencarian Dan Nilai Bid Yang Tinggi

Untuk mengetahui volume pencarian dan nilai bid keyword - kita membutuhkan Google Keyword Planner (GKP). Saya yakin anda sudah pernah menggunakan tools gratis dari Google ini. Jadi akan langsung saja saya contohkan saja.
  • Masuk ke Google Keyword Planner
  • Klik – Search for new keyword and ad group ideas

menggunakan GKP untuk mengecek volume pencarian dari niche yang dipilih

  • Setelah mengetikkan kata kunci, kita akan dibawa ke halaman hasil, langsung saja klik “keyword ideas”.

masukkan niche yang dipilih dalam kolom
mengetahui volume pencarian dari niche yang dipilih

  • Maka hasilnya seperti ini:

hasil volume pencarian untuk niche pilihan

Keterangan:
  • Kata kunci ‘perawatan kulit’ memiliki jumlah pencarian sekitar 2.400 UV/bulan (lumayan) dengan harga iklan yang disarankan sekitar 4.500 rupiah/klik (tergolong tinggi untuk keyword Indonesia), serta tingkat kompetisi pengiklan yang tinggi (banyak pengiklan yang bersaing). – kotak hijau

Walaupun dalam prakteknya harga iklan/klik (CPC) tidak benar-benar seperti yang tertera, namun ini dapat digunakan sebagai acuan. Lagipula volume pencariannya (exact word-nya) lumayan tinggi (belum lagi jika ditambah dengan sinonim).

Stres dengan Penghasilan Blog Adsense Anda yang 'segitu-segitu' aja?
Coba cari tahu Apa Masalahnya... Klik Disini

C. Ada Cukup Banyak Produk Yang Dapat Dijual di Blog

Point ini bisa dikatakan sangat penting, saya pribadi selalu mencari kemungkinan lain daripada hanya “meng-uangkan” blog menggunakan adsense.

Berdasarkan pengalaman saya, cara seperti ini lebih aman untuk menjaga CTR tetap dalam kisaran normal (sehingga alarm adsense tidak ‘menyala’ dan blog kita tidak di-review secara manual), juga terkadang bisa lebih ‘menguntungkan’ jika produk yang kita jual ‘tepat’.

Anda bisa menjual produk sendiri atau menggunakan sistem dropship. Saya pribadi agak malas berhubungan langsung dengan konsumen (apalagi blog-blog utama saya untuk pasar luar semua), jadi biasanya saya mencari produk-produk affiliate.

Jika mengacu pada contoh diatas, maka dapat dipastikan niche tersebut sangat potensial, karena memang ada banyak sekali produk perawatan kulit yang bisa dijual.

D. Memiliki Tingkat Persaingan Medium  Kebawah

Selanjutnya adalah mengetahui seberapa berat persaingan keyword tersebut. Ada banyak cara untuk mengukur seberapa tinggi tingkat persaingan dari sebuah kata kunci.

Untuk keyword bahasa Indonesia, secara sederhana saya tinggal melihat hasil yang muncul pada halaman pertama. Jika kebanyakan yang muncul adalah halaman artikel dari blogspot sub domain, maka saya akan langsung menyimpulkan itu mudah (Perhatikan! Hal ini tidak selalu seperti itu).

Jika kebanyakan yang muncul adalah halaman artikel dari blog-blog dengan tema gado-gado yang bukan dari “Brand” besar, maka saya juga langsung menyimpulkan itu mudah.

Namun jika yang mendominasi peringkat 10 besar adalah halaman-halaman Homepage dari blog-blog dengan niche spesifik, atau yang mendominasi adalah halaman artikel dari blog/web dengan Brand besar, maka tingkat persaingannya bisa dipastikan cukup atau sangat berat.

Anda juga dapat melihat berat tidaknya tingkat persaingan sebuah kata kunci dengan cara sederhana ini:
  • Masukkan kata kunci ( gunakan tanda petik – “ – untuk melihat exact kompetitor ) pada kotak pencari di Google Search
mengecek tingkat persaingan niche yang dipilih

  • Lalu klik halaman 2, lihat url-nya dan ganti angka 10 dengan angka 990
meriset tingkat persaingan niche yang dipilih

  • Lalu klik search dan lihat pada bagian bawah halaman
memilih niche yang potensial

  • Perhatikan yang saya beri kotak merah!
pilih niche yang memiliki tingkat persaingan medium - low

Keterangan:
  • 0 – 100       = sangat mudah sekali
  • 101 – 200   = cukup mudah
  • 201 – 300   = mudah hingga agak susah
  • 301 – 500   = susah hingga sangat susah
  • 500 keatas  = super kompetitif

Lebih banyak dari BPB Member Area:

Perlu Dipertimbangkan Pula!

Karena keyword yang kita riset dalam tahap ini adalah untuk dipilih sebagai NICHE blog, maka jangan takut jika mengambil yang tingkat persaingannya Medium (agak susah hingga susah). Perang sebenarnya nanti adalah pada keyword-keyword yang ditembak dalam artikel (sesuai dengan Niche Market yang telah dikumpulkan).

Jadi, selamat praktek untuk menemukan niche terbaik dan paling profitable untuk blog anda!

Silahkan tinggalkan pertanyaan ataupun tanggapan dalam kolom komentar dibawah! Saya pasti akan menjawabnya...

13 komentar:

  1. Terima kasih Mas sdh mau berbagi Ilmu

    BalasHapus
  2. Berkat Petunjuk agan saya buat blog dengan 1 niche mudah mudahan bisa ngikutin jejak suksesnya om Hendra amiin

    BalasHapus
  3. Jadi tau Niche itu apa.., hehe, jgn lpa kunbalnya

    BalasHapus
  4. Terima kasih mas,sangat bermanfaat. saya coba mulai menentukan niche dan mudah-mudahan bisa cepat berhasil.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti, jika menghargai proses hasilnya pasti lebih manis, semangat mas...

      Hapus
  5. Mas saya sedang mbangun blog jg nih. Niche nya blom jelas krn mood nulis saya blom stabil. Klo lg seneng A ya mau nya nulis ttg A, dst.. Di blog saya ada tema aquascape, teknologi, blogging tips, ptc
    Kira2 gmn mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya itu yg namanya blog gado2. Susah untuk mendapatkan Authority - kecuali sekalian buat yang besar. Tp klo memang kuat di modal gpp.

      Hapus
  6. Thanks banget untuk beritanya...semoga makin sukses

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, terima kasih. I wish you too..

      Hapus