Seperti Apa SEO On-page Blog Yang Dikatakan Sempurna?

By
Seringkali pertanyaan mengenai apa itu seo on page justru muncul setelah seorang Blogger telah sedikit mengenal seo off page. Hal yang sebenarnya terbalik ini menurut saya adalah kesalahan yang sangat wajar.

Saat seseorang mulai menekuni dunia Blogging – apapun motivasinya, biasanya akan memulai dengan mencari tema – membuat blog – menulis artikel sebanyak-banyaknya – dan memantau visitor setiap hari.

Apa anda juga seperti itu?

Dan setelah 1 sampai 2 bulan rutin menulis artikel sebanyak-banyaknya, visitor yang diharapkan tak kunjung  datang juga, artikel sudah sangat banyak – namun visitor masih juga hanya berkisar puluhan/hari.

penjelasan apa itu seo on page

Setelah mencari informasi kesana-kemari mengenai cara meningkatkan pengunjung blog, akhirnya mulai mengenal istilah SEO, lalu bergabung dengan forum atau grup untuk belajar SEO, dan biasanya langsung ‘terjebak’ dengan seo off page – backlink.

Mengapa bisa seperti itu?

Karena memang tidak cukup banyak informasi mengenai seo on-page yang dibagikan secara terbuka. Paling banyak yang saya baca hanya seputar meta tag, keyword density, theme/template yang fast loading, dll

Tidak heran kalau masih banyak konten-konten yang kurang berkualitas mampu duduk manis di halaman pertama Google Search Page hanya karena menerapkan on-page seo yang baik, sedangkan konten-konten berkualitas tenggelam entah kemana karena mengikuti strategi-strategi off-page seo yang berbahaya.

Perhatikan hal ini:

Anda hanya perlu menerapkan SEO On-page yang baik dan benar untuk bersaing di halaman pertama Google jika hanya bersaing di keyword-keyword medium-low. Lupakan dulu tentang backlink, karena cara Google memandang dan menilai backlink saat ini sudah jauh berbeda dibandingkan beberapa tahun lalu.

Dan faktanya, semua Blogger SUKSES selalu memastikan blog-blog mereka sudah ter-optimasi dengan baik secara on-page sebelum memikirkan langkah dan strategi seo off-page yang ingin mereka jalankan.

Jadi jika anda serius ingin menjadi seorang Profesional Blogger yang sukses, anda juga harus fokus pada hal ini terlebih dahulu.

Langkah dan Strategi SEO On-page yang Harus Dilakukan

Berikut ini beberapa hal yang pasti saya lakukan saat membangun blog atau mengisi konten pada Moneysite saya.

cara mengatur strategi seo on page yang benar

1.Memastikan url artikel kaya akan keyword

Walaupun hal ini sudah tidak terlalu signifikan lagi saat ini dengan diluncurkannya algoritma Hummingbird, namun Google tetap mem-bold url yang mengandung keyword pada hasil penelusuran. Dan tidak mungkin Google melakukan hal tersebut jika tanpa maksud sama sekali. Jadi perhatikan permalink url artikel anda dengan baik.

2. Memastikan keyword utama terlihat pada awal judul artikel

Jangan pernah menaruh keyword utama dari artikel anda pada bagian akhir dari judul artikel. (Lihat bagaimana cara membuat judul artikel yang menarik)

3. Menempatkan keyword di awal artikel

Mungkin ini sudah umum atau secara naluri telah dilakukan oleh banyak Blogger, namun masih banyak pula saya melihat kesalahan penerapan mengenai hal ini, jadi saya merasa ini layak untuk dibahas.

Saat membuat paragraf pembuka (basa-basi) untuk artikel anda, pastikan keyword yang paling penting sudah dimunculkan pada awal-awal kalimat (setidaknya dalam 100 kata pertama). Keyword yang menonjol adalah pengganti dari keyword density, khususnya saat ini dimana kita lebih baik merangking banyak keyword dalam 1 artikel ketimbang merangking banyak artikel untuk masing-masing 1 keyword (kecuali anda ingin merasakan tendangan Panda).

4. Menulis artikel yang panjang / berkualitas

Semua studi terbaru dari Web/Blog di industri SEO telah mengkonfirmasi hal ini. Konten yang panjang (diatas 1000 kata) cenderung lebih mudah mendapatkan visitor, menduduki posisi yang lebih tinggi dan bertahan lama.

Menurut saya alasannya sebenarnya sederhana. Artikel yang panjang membuat kita mudah untuk memasukkan banyak keyword terkait dan sinonimnya. Jadi pastikan untuk menulis artikel yang panjang jika anda bertarung pada keyword-keyword yang memiliki tingkat persaingan tinggi, karena selain bisa menang di keyword utama, anda juga bisa menang di sejumlah Long Tail Keyword (win-win solution).

pentingnya artikel berkualitas bagi seo on page

5. Memasukkan LSI Keyword dalam artikel

Apa itu LSI (Latent Semantic Indexing) Keyword???

Secara sederhana LSI keyword adalah kata-kata yang umumnya berada di sekitar sebuah kata kunci (termasuk sinonim dari kata kunci). Jika artikel anda memuat beberapa LSI keyword dalam artikel yang ditulis, maka ini akan memberikan indikasi yang kuat bagi Google jika artikel tersebut berkualitas.

6. Memperkaya artikel dengan multimedia

Memang tidak akan memberikan efek secara langsung bagi peringkat blog kita. Tapi gambar, video, diagram, atau list (dengan link) dapat meningkatkan sinyal interaksi visitor (menurunan Bounce Rate dan meningkatkan Time on Site) yang akan didata oleh Google.

Artikel yang naik dengan perlahan karena interaksi visitor yang tinggi, atau artikel yang agak cepat merangkak ke atas (dengan teknik SEO yang aman) dan memiliki interaksi visitor yang tinggi adalah faktor penting yang membuat sebuah halaman artikel / blog dapat awet berada di page one dalam waktu yang lama.

7. Memberikan Outbound Link

Google sangat suka dengan Web / Blog yang aktif, namun daripada blogwalking dan meninggalkan komentar spam dimana-mana, kenapa tidak tunjukkan itu ke Google di halaman blog anda sendiri. Jangan pernah pelit memberikan backlink ke web / blog lain. Ini strategi White Hat SEO yang masih ampuh sampai sekarang.

Fungsi outbound link jika diterapkan dengan benar:
  • Google dapat semakin mudah memahami topik artikel anda
  • Artikel anda akan dipandang sebagai hub dan cepat mendapatkan poin plus (authority)
  • Kiriman backlink sampah dari kompetitor (ingusan) tidak akan berpengaruh banyak terhadap peringkat artikel anda

8. Memastikan Social Sharing Buttons terlihat

fungsi social media bagi seo on page blog anda
Saya memang tidak terlalu percaya jika Social Sharing dapat meningkatkan peringkat blog atau artikel, setidaknya tidak terlalu signifikan. Apalagi dengan banyaknya jasa like facebook, + Gplus, dan Tweet, apa anda pikir Google tidak memperhatikan hal ini? Come on...

Namun begitu, bukan berarti hal ini tidak berguna sama sekali. Social Sharing yang terjadi secara natural dari akun-akun Real tetap memberikan dampak yang besar dan mendatangkan visitor.
Karena itu pastikan tombol social sharring pada blog anda mudah untuk dilihat dan di-klik visitor blog anda.

9. Memastikan Loading Blog tetap cepat

Ini sangat penting sekali karena Google memang menaruh perhatian yang besar disini. Jangan jejali blog anda dengan widget-widget dan plugins yang tidak perlu.

Terkait dengan peluncuran Mobilegeddon, maka anda juga harus memastikan template/theme yang dipakai benar-benar Mobile Friendly.

Untuk mengeceknya, anda dapat menggunakan tool PageSpeed Insights milik Google atau menggunakan GTMetrix.com. Benahi kekurangan-kekurangan pada blog anda yang ditunjukkan pada kedua tools tersebut.

10. Memastikan Heading Tag sudah sesuai

Berikan tag H1 pada keyword yang anda targetkan (Judul Artikel). Rata-rata Theme / Template blog terbaru sudah ter-setting seperti ini secara otomatis (khususnya yang Premium). Tapi tidak ada salahnya bagi anda untuk cek kembali theme atau template yang anda gunakan saat ini.

Selanjutnya, pastikan setidaknya ada 1 subheading (H2 atau H3) yang mengandung keyword utama dari artikel yang anda tulis.

11. Mengoptimalkan gambar pada blog

Pencarian dari Google Image memang sedikit dan tidak memberikan konversi yang tinggi, tapi buat saya, berapapun kemungkinan visitor yang bisa didapat – selama ada kemungkinan – pasti saya ambil.

Jadi optimalkan gambar pada artikel dengan menaruh keyword utama pada kolom Alt text. Ini juga bisa dijadikan indikator oleh Google untuk mengetahui tema utama yang dibahas dalam artikel tersebut.


Tips Tambahan Mengenai SEO On-page

Percuma saja berhasil memasukkan artikel di halaman 1 Google Search jika kemudian sedikit yang tertarik untuk meng-klik dan masuk ke artikel kita. Anda tentu sudah dapat menebak apa akibatnya. Secara perlahan atau cepat, pasti artikel tersebut akan merosot dan terlempar ke halaman berikutnya.

Fakta yang sebenarnya terjadi:

Dari setiap orang yang mencari informasi (keyword tertentu) di Google, mayoritas dari mereka tidak akan langsung meng-klik artikel yang muncul di nomor 1, tetapi mereka akan membaca Judul-Judul yang tertangkap mata (posisi 1 hingga 5). Judul (Headline) yang paling menarik pasti mendapatkan CTR tertinggi.

Namun jika semua judul yang muncul kurang lebih sama atau mirip (ini adalah hal umum yang biasanya terjadi), maka mereka biasanya akan membaca secara cepat deskripsi yang diberikan. Dan hal yang sama juga akan terjadi, deskripsi yang terlihat paling menarik akan mendapatkan CTR yang paling tinggi.

Karena itu, berikan perhatian lebih saat akan menulis Judul dan Deskripsi pada artikel-artikel di blog anda – karena itu sangat-sangat menentukan CTR.

Saat semuanya sudah ter-setting seperti diatas, maka semuanya sudah siap. Dan anda bisa melanjutkan ke pekerjaan selanjutnya, yaitu memikirkan strategi SEO off-page terbaik yang ingin dijalankan.

Well, good luck!!

Ada pertanyaan atau komentar seputar materi di atas? Jangan sungkan untuk menuliskannya dalam kolom komentar di bawah, saya pasti akan menjawabnya.

11 komentar:

  1. saat membuat artikel,..saya lebih fokus pada on pagenya..bodo amat soal off page itu urusan nanti..thanks mas hendra info sadis nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, on-page dulu yang dimaksimalkan, selanjutnya off-page akan menjadi semakin ringan untuk dikerjakan (tp tetep penting lho mas).

      Hapus
  2. Alhamdulillah sudah ane terapkan dari banyak poin di atas, tapi yg ane bingung tentang LSI itu ane belum paham dan itu pertama ane dengar... secara keseluruhan artikel agan sangat lengkap untuk belajar on page..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukur klo memang sudah diterapkan, berarti tinggal memikirkan strategi backlink untuk menunjang secara off-page.

      Hapus
  3. nah itu dia om, banyak sekali metode backlink dari menggunakan anchor dan dari berbagai macam cara menanam backlink, menurut om cara terbaik menanam backlink di blog orang gimana?.. karna selama ini beda blog beda pula caranya, ane jadi bingung ni sebagai newbie..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menanam backlink di blog orang? Yang terbaik tetep yg kontekstual, klo gak bisa minta, ya beli...Klo gak mau, ya buat sendiri. Simple..

      Hapus
  4. artikelnya bagus mas, sebagian besar memang sudah saya terapkan di blog saya, tapi mau tanya mengenai seo offpage nih mas. bagaimana menanam backlink yang bagus, apakah halaman homepagenya saja atau halaman posting? terima kasih atas jawabannya mas. salam blogger.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah saya jelaskan pada artikel strategi backlink, silahkan dibaca lagi disana..

      Salam Sukses

      Hapus
  5. Siang gan
    Saya mau tanya jika seo on page udah maksimal terus seo offpage juga maksimal apakah tidak bahaya bagi blog kita di mata google saya pernah membuat blog dengan seo full tambah kena panda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yakin kena Panda, apa bukan Pinguin?
      Panda itu melakukan pinalty ke Blog2 dengan thin dan fake content.
      Jadi percuma saja memaksimalkan on page klo konten-nya tidak memadai, cepat atau lambat pasti kena sapu.
      Panda menganalisa halaman2 blog kita berdasarkan besar file-nya dan internal link di dalamnya.

      Hapus
  6. ternyata untuk membuat artikel berkualis yang memenuhi unsur seo on page mbutuhkan waktu yang tidak sedikit

    BalasHapus