Bagaimana Cara Membuat Blog Yang Keren dan Menghasilkan?

By
Sepertinya semua Blogger tidak perlu lagi diajari tentang bagaimana cara membuat blog. Namanya juga Blogger, tentu sudah bisa dong kalau hanya sekedar membuat blog.

Namun bagaimana dengan cara membuat blog keren yang juga menjadi ladang penghasilan?

Saya yakin anda semua akan setuju dengan saya:

Membuat blog yang terlihat menarik dan disukai pengunjung TIDAK SEMUDAH yang dibayangkan. Boro-boro bisa dapat penghasilan, dapat visitor aja susah...

Benarkah seperti itu?

Faktanya, anda hanya perlu menerapkan beberapa tips berikut ini untuk membuat blog anda menjadi keren, menarik, dan disukai visitor – dengan kata lain, membuat sebuah blog yang POPULER.

tutorial cara membuat blog yang baik

Dibawah ini saya akan menjelaskan secara lengkap bagaimana cara membuat blog yang menarik, tidak hanya bagi pengunjung – yang akan membuat mereka betah berlama-lama di blog anda, tapi juga di mata robot – yang akan membuat blog anda merangkak / bahkan melesat dengan CEPAT.

Buat Blog Anda Disukai Pengunjung dengan Penampilan Yang Menarik

Konten / isi blog memang merupakan faktor yang utama, namun penampilan atau desain blog serta beberapa faktor lain adalah hal yang membuat visitor anda betah berlama-lama, dan bahkan bisa menjadi loyal visitor.

Berikut ini beberapa tips yang dapat langsung anda terapkan di blog anda:

1. Pilih Desain Blog Yang Menarik

Sebagai seorang yang berlatar belakang sarjana sosial, saya dapat mengatakan ini secara tegas kepada anda semua:

Pada dasarnya setiap manusia itu mencintai keindahan

Karena itu, jika anda benar-benar serius untuk menjadikan blog anda sebagai sebuah bisnis – atau anda berkeinginan menjadi seorang Fulltime Blogger yang hidup dari dunia blogging, desain blog adalah hal pertama yang harus anda pikirkan.

Penampilan blog yang standar atau sama dengan blog kebanyakan tidak akan pernah membuat blog anda terlihat menonjol di mata pengunjung. Bagaimana mungkin visitor dapat mengingat blog anda dan kembali berkunjung jika tidak ada sesuatu yang melekat di otak mereka?

Hey..., it’s all about Brand we’re talking here...

Hanya mengandalkan kata kunci yang anda menangkan di SERP? Sayang sekali..., anda sudah melepaskan kesempatan untuk membuat blog anda berumur lebih panjang dan kemungkinan $ yang yang lebih besar.

Tidak harus membayar seorang desainer profesional untuk mendesain blog anda, apalagi jika anda termasuk blogger baru yang belum menghasilkan uang dari blog. Menggunakan template/theme gratis juga boleh, hanya saja anda perlu membuatnya terlihat berbeda dari blog-blog lainnya.

Lebih banyak dari BPB Member Area:

2. Jadikan Blog Anda Sebagai Ladang Pengetahuan

Semua orang yang mengetikkan satu kata atau beberapa kata (*istilah kita Keyword) di Search Engine memiliki satu tujuan yang sama, INFORMASI...

Jadi, berikan mereka informasi yang mereka inginkan.

Ingat!

Anda menulis untuk manusia bukan untuk robot. Tentu anda bisa ‘memanipulasi’ robot dengan teknik-teknik tertentu. Tapi untuk berapa lama?

Google memakai lebih dari 200 faktor untuk menentukan peringkat dari sebuah Blog / Konten Blog, dan perilaku pengunjung adalah salah satu faktor yang mendapatkan Point Tinggi.

Saat anda Googling untuk mencari informasi, kemudian anda masuk ke sebuah halaman web / blog yang ditampilkan di hasil penelusuran, dan ketika anda melihat halaman tesebut tidak memberikan informasi yang anda harapkan, apa yang akan anda lakukan?

Saya rasa tidak butuh waktu lama bagi anda untuk segera menekan tombol keluar atau tombol kembali ke hasil penelusuran. Dan hal yang sama juga akan dilakukan oleh para pengunjung blog anda jika anda hanya berpikir menulis untuk robot dan bukan untuk manusia.

cara membuat blog yang populer
Saat perilaku ini dicatat oleh robot, apa yang terjadi?

Ya..., robot akan menyingkirkan blog anda dari halaman pertama.

Coba anda perhatikan:

Memanipulasi robot untuk menyukai konten anda tidak harus dengan mengorbankan tujuan dari nge-Blog yang sebenarnya, yaitu Berbagi Informasi Yang Berguna. Lebih lanjut, informasi yang memiliki point plus – enak dibaca dan mudah dipahami.

Lebih banyak dari BPB Member Area:

3. Hindari Kesalahan Ini dan Rasakan Sendiri Perbedaannya

Kebanyakan blog (khususnya yang baru) terlalu mem-borbardir halaman blognya dengan iklan, berharap segera mendapatkan penghasilan besar dari blog tersebut, yah..., siapa yang tidak ingin seperti itu..

Tapi coba anda pikirkan lagi!

Apa gunanya iklan yang bertebaran jika visitor anda masih minim? Siapa yang akan meng-kliknya?

Faktanya, kode-kode iklan itu akan memperberat loading blog anda. Dan waktu loading sebuah blog juga termasuk salah satu faktor yang mendapatkan point tinggi sebagai Sinyal Perangkingan Google.

Lakukan ini terlebih dahulu:

Jadikan isi konten sebagai fokus utama dari visitor yang masuk ke blog anda. Raih popularitas, buat mereka menjadi loyal visitor.

Saat blog anda sudah cukup populer dan memiliki jumlah visitor harian yang cukup, itulah saat dimana anda sudah mulai bisa meng-uangkan blog anda. Baca Cara Membangun Blog Niche untuk mempermudah langkah anda!

Jika anda tidak sabar dan ingin segera mendapatkan uang dari blog yang anda bangun, maka cukup tempatkan 2 iklan saja, dan atur penempatannya agar tidak mengganggu penampilan konten anda.

Sekali lagi ingat! Perilaku pengunjung adalah faktor yang mendapatkan Point Tinggi yang dijadikan dasar oleh Google dalam menentukan peringkat sebuah blog/konten.

Buat Blog Anda Terlihat Keren di Mata Robot dan Lesatkan Posisinya

Apa anda sudah siap bertarung di era Algoritma terbaru saat ini?

Tanggal 21 April 2015 adalah saat dimana Google resmi meluncurkan Algoritma terbarunya yaitu Mobilegeddon atau Mobilepocalypse. Algoritma ini akan berlaku untuk seluruh bahasa di seluruh dunia.

Seluruh Pakar SEO mungkin sudah bisa menebak hal ini jauh-jauh hari, dan semakin intens memperhatikan pemberitahuan Google tersebut sejak banyak Webmaster yang menerima pemberitahuan seperti ini:

cara membuat blog di era mobilegeddon

Saya menerima pemberitahuan atas salah satu blog saya tersebut tanggal 11 Maret 2015, dua hari setelah Searchenginewatch.com mengumumkan informasi mengenai Mobilegeddon.

Lalu apa yang harus dilakukan?

1. Pastikan Blog Anda Menggunakan Template/Theme Yang Mobile-Friendly

Saat ini cara membuat blog keren di blogspot maupun dengan wordpress sudah bukan hanya bagaimana blog terlihat di layar PC atau sekedar memiliki tampilan yang responsive.

“Mobile-friendly” yang dimaksudkan oleh Google adalah lebih dari itu.

Sebagai langkah pertama, coba cek blog anda menggunakan tools yang sudah disediakan oleh Google, PageSpeed Insights. Lihat apakah blog anda lolos tes tersebut.

Perhatikan:

Walaupun lolos dan dinyatakan mobile-friendly, bukan berarti anda sudah aman. Lihat saran-saran yang diberikan, dan coba perbaiki. Tidak harus benar-benar sempurna, tapi juga harus diatas ‘sekedar bagus’.

2. Buang Semua Widget Tidak Perlu yang Memberatkan Loading

Seperti telah saya katakan diatas, kecepatan waktu loading sebuah blog adalah penting dalam penentuan peringkat. Buat yang sudah terbiasa bersaing secara worldwide dengan membangun blog berbahasa Inggris, hal ini termasuk saran basi...

Bagaimana dengan di Indonesia?

Masih banyak Blogger yang kurang memperhatikan hal ini, atau setidaknya tidak terlalu menganggapnya sebagai sebuah hal yang serius.

Pernahkah anda merasa jengkel karena sudah susah payah membuat sebuah tulisan yang menurut anda ‘luar biasa’, namun Google tidak menempatkannya di posisi yang ‘seharusnya’?

Padahal jika anda melihat ke halaman 1 Google SERP, anda mendapati bahwa banyak blog yang isi kontennya ternyata biasa-biasa saja – bahkan mungkin (menurut anda) lebih jelek atau jauh tidak berbobot dibanding tulisan anda.

Dan mayoritas Blogger akan membuat kesimpulan, “Pasti backlink-nya mantap dan banyak.”

Benarkah seperti itu? Mau tau faktanya?

Ini  contoh salah satu keyword berbahasa Indonesia yang memiliki tingkat persaingan Medium-High dengan jumlah pencarian terdata 6.600/bulan. Perhatikan yang saya beri kotak biru dan hijau!

blog yang keren tidak harus banyak punya backlink

Coba bandingkan dengan yang lainnya, see... jumlah backlink banyak bukanlah jaminan. Terlebih untuk saat ini dimana Google lebih mengutamakan relevansi dibanding jumlah.

Dan jika anda coba melakukan tes satu-persatu untuk blog-blog yang menguasai halaman pertama, rata-rata pasti memiliki loading blog yang cepat. Jadi buang saja widget-widget dan plugins yang tidak terlalu penting.

3. Buat Konten Anda Memiliki Struktur Yang Diinginkan Robot

Menang di SERP itu bukan masalah untung-untungan.

Algoritma dibuat berdasarkan sistem, dan sistem bisa dipelajari.

Walau memang tidak ada yang bisa mengetahui secara pasti bagaimana robot crawler bekerja (Google selalu menjamin itu dengan rutin melakukan update minor), namun setidaknya kita dapat melihat pola dengan mempelajari blog-blog yang rutin mengisi halaman pertama Google Search.

Berikut ini beberapa hal yang harus anda perhatikan terkait struktur konten:
  • Pastikan url tetap pendek dan kaya akan keyword
  • Awali judul artikel anda dengan keyword
  • Pastikan judul artikel anda memiliki tag H1
  • Pastikan keyword utama sudah muncul di paragraf pertama artikel anda
  • Perkaya artikel anda dengan LSI keyword
  • Perkaya artikel anda dengan multimedia (gambar/video/diagram/list)
  • Pasang internal link dan outbound link
Penjabaran lebih lengkap dapat dilihat di Cara Mengatur SEO On-page
Saat anda melengkapi artikel anda dengan semua point diatas, maka secara struktur semuanya sudah cukup sesuai untuk bersaing di SERP. Tinggal kualitas dari konten anda yang akan berbicara selanjutnya.

Lebih banyak dari BPB Member Area:

Sekarang giliran anda...

Coba perhatikan kembali blog anda! Apakah semuanya sudah sesuai dengan apa yang sampaikan diatas?

Jika belum, maka anda dapat merubahnya mengikuti cara membuat blog menjadi keren dan menarik tadi. Dan jika blog anda sudah mulai mendapatkan Popularitas seperti yang anda inginkan, maka menghasilkan pundi-pundi $ dari blog anda bukanlah hal yang susah.

Oya, saya mengharapkan feedback dari anda. Jadi jangan lupa untuk meninggalkan komentar atau pertanyaan. Saya pasti akan menjawabnya!

13 komentar:

  1. Kesalahan mendasar yang sering dilakukan oleh blogger pemula seperti saya ingin cepat menghasilkan tanpa mempelajari tehnik yang benar.Saya rasa tutorial diatas cukup memadai untuk dijadikan pondasi menuju sukses ngeblog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apalagi klo liat orang upload foto uang satu meja ya mas...hehehe

      Hapus
  2. Saya setuju dengan pendapat ente gan, salam kenal dan happy blogging :)

    BalasHapus
  3. Kalau Multimedianya saya masukin dari Video Youtube milik orang lain, apa bagus mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak masalah mas, asal video-nya sesuai dan menunjang artikel yang ditulis.

      Hapus
  4. Informasi yang menarik dan inspiratip...moga aja blog ane bisa ^_^
    #cemungut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti bisa klo memang serius...Semangat!!!

      Hapus
  5. Mas, materi yg pertama itu boleh minta n saya juga minta untuk selanjut nya juga

    BalasHapus
  6. Materi pertama yang mana? Semua yang terdaftar di Mail List secara otomatis akan menerima, tp memang saya hanya membagikannya 1 kali. Kecuali saya melakukan upgrade konten, maka materi tidak akan saya bagikan ulang.

    BalasHapus
  7. klo memang tujuan cari duit dari blogger, apa memang harus pake yg self hosted ya mas ? bukan pake platform blogspot gtu?

    btw orang Batu ya mas ?
    salam kenal mas, saya kera ngalam... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung kebutuhan, buat saya blogspot dan WP self hosted gak ada bedanya, apalagi klo hanya untuk sekedar membuat blog kecil (untuk persaingan di Indonesia). Saya tau banyak blogger Indonesia yg memiliki visitor diatas 20K UV/day hanya dengan bermodalkan blogspot subdomain.

      Salam kenal juga...

      Hapus
  8. ini blog templatenya bagus, kalo boleh tau download di mana ya? Apa justru bikin sendiri?

    BalasHapus