Cara Membangun Blog Niche Yang Berkualitas: Panduan Terlengkap

By
Setelah saya membagikan 2 eBook yang mengajarkan cara membangun blog niche secara terstruktur dan terkonsep di forum IM terbesar di Tanah Air, banyak PM masuk yang menanyakan langkah detail dari apa yang saya sampaikan.

cara membangun blog niche berkualitas

Bagi yang sudah lama berkecimpung di dunia online, eBook yang saya bagikan mungkin hanya menjadi ‘pengingat’ yang dibutuhkan untuk kembali menuju ‘jalan yang benar’. Sedangkan bagi Blogger yang baru terjun dan sedang mencari arah, eBook saya mungkin menjadi ‘pencerah’ dan memberikan pemahaman yang memang jarang dikupas sebelumnya.

Saya PAHAM karena saya sudah melewati itu semua, saya juga pernah berada pada posisi ‘bingung mau melakukan apa’ saat mengetahui kenyataan dari dunia online yang sebenarnya.

kaya dengan membangun blog niche
Jika anda masih berpikiran bahwa untuk mendapatkan uang dari blog / bisnis online (Big Money of course) itu semudah hanya dengan membuat blog – menulis banyak artikel – memasang iklan PPC – membeli jasa backlink si A – memakai software ‘anu’ atau ‘itu’ – berdo’a – tidur – dan ketika bangun langsung jadi Orang Kaya, well.... Ayo Cepet Bangun! Sebelum kebablasan MIMPINYA....

Faktanya, semua Blog yang Sukses selalu dibangun dengan konsep yang jelas, content marketing yang baik, dan strategi backlink yang efektif namun tetap aman. Dan yang paling penting, itu dilakukan secara berkesinambungan (akan menjadi semakin mudah seiring berkembangnya Blog).

Sekarang, apa anda sudah siap?

Di bawah ini saya akan menguraikan langkah-langkah yang dapat anda tiru dalam membangun sebuah Blog Niche yang berkualitas dan memungkinkan untuk di-Monetize secara maksimal.

Langkah Membuat Blog Niche Yang Profitable

Dari awal, sebelum masuk ke berbagai langkah yang akan saya sampaikan, anda sudah harus menetapkan bahwa target utama (Main Goal) anda adalah “Uang”. Selayaknya membangun sebuah Bisnis, blog anda adalah ‘Perusahaan’ yang sedang anda bangun – dan target utamanya adalah Penghasilan.

1. Memilih Niche Untuk Blog Anda

Ini adalah kesalahan besar pertama yang paling sering dilakukan oleh mayoritas Blogger saat menentukan niche untuk blog yang akan dibangun, yaitu memilih Niche yang terlalu luas atau menjadikan Tema Umum sebagai niche untuk blognya.

Perhatikan!

Kesehatan, Kecantikan, Teknologi, Otomotif, Olahraga, dll adalah tema umum. Blog anda masih akan terlalu besar jika mengambil salah satu dari contoh tadi sebagai Niche Blog.

Lalu bagaimana sebaiknya?

Pertama anda harus tentukan dulu tema umum dari Blog anda. Setelah itu, pecah tema umum yang telah anda pilih tersebut ke sub-sub tema yang lebih kecil.

Sebagai contoh:

Seandainya anda memilih tema ‘Kecantikan’, maka anda dapat memecahnya menjadi beberapa sub seperti perawatan kulit, perawatan rambut, perawatan tubuh, tutorial makeup, dll

Salah satu sub itulah Niche yang harus anda ambil jika ingin membuat Blog Niche yang berkualitas.

Hal Yang Wajib Dipertimbangkan

Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih niche dan keyword utama untuk Blog anda:
  • Memiliki jumlah pengiklan yang cukup
  • Memiliki volume pencarian dan nilai bid yang tinggi
  • Ada cukup banyak produk yang dapat dijual
  • Memiliki tingkat persaingan medium  kebawah
Selengkapnya silahkan baca Cara Memilih Niche Terbaik

Lalu bagaimana selanjutnya?

2. Memetakan Niche Anda

Kesalahan kedua yang dilakukan para Blogger saat telah menemukan sebuah Niche adalah langsung menuju ke tool analisis keyword – baik itu yang gratis seperti Google Keyword Planner maupun yang berbayar.

Sebagai contoh:
  • Anda telah memilih ‘Perawatan Kulit’ sebagai Niche dari Blog yang akan anda bangun, maka jangan dulu melakukan analisis kata kunci (keyword analysis).

riset keyword untuk niche utama blog

Anda hanya akan terjebak pada sekumpulan keyword yang saya Highlight diatas. Setelah itu anda akan bingung untuk menulis apa lagi pada blog anda. Akhirnya anda akan menulis artikel-artikel lain diluar perawatan kulit (Gagal Membuat High Quality Niche Blog).

Lalu bagaimana seharusnya???

Saat anda sudah menentukan niche dari blog yang akan anda bangun, maka langkah selanjutnya adalah mengidentifikasi Niche Market dan mengelompokannya.

Apa itu Niche Market?

Secara sederhana niche market itu adalah sub-segmen dari pasar yang lebih besar.

Posisikan diri anda sebagai visitor yang sedang mencari informasi di internet. Dengan menggunakan contoh niche yang saya gunakan diatas (perawatan kulit), kira-kira apa yang ada di benak mereka (apa yang terbayang dalam pikiran) jika mendengar kata “perawatan kulit”. Itulah Niche Market.

Jika anda merasa kesulitan mengumpulkan niche market, atau merasa niche market yang dikumpulkan masih kurang banyak, berikut ini beberapa trik yang dapat digunakan:

A. Pilih Target Market

Tergantung dari Niche yang anda pilih, namun setiap niche umumnya dapat ditargetkan ke beberapa kelompok tertentu berdasarkan:
  • Usia
  • Jenis Kelamin
  • Pekerjaan (termasuk penghasilan di dalamnya)
  • Masalah yang dihadapi
  • Hal yang ingin dicapai / diraih (keinginan, cita-cita)
Dengan mengelompokkan visitor berdasarkan hal-hal diatas, maka akan semakin mudah bagi anda untuk menemukan niche market yang sesuai dengan Niche Utama dari blog anda.

B. Mencari Ide di Forum

Forum juga merupakan salah satu tempat yang bisa digunakan untuk mencari kemungkinan niche market yang tidak terpikirkan sebelumnya.

Cara mudah mencarinya => masuk ke Google Search, lalu ketik “kata kunci” + “forum”

ide mencari niche market untuk blog
cari forum yang sesuai dengan niche blog anda
lihat kemungkinan niche market yang pas untuk blog


3. Membuat Brand Untuk Blog

Anda sudah tau bahwa sekitar 1,5 hingga 2 tahun yang lalu Exact Match Domain (EMD) sudah mulai kehilangan Powernya dalam SEO (kecuali jika isi kontennya memang benar-benar berkualitas).

Apa artinya ini bagi kita?

Anda bisa lebih nyaman dalam memilih nama untuk domain dan Brand anda tanpa khawatir dengan urusan SEO Friendly dan segalanya.

Perhatikan!

Bedakan Brand dengan Judul Blog!
  • Brand adalah nama yang akan anda pasarkan – saya pribadi lebih suka yang mengandung Head Keyword atau istilahnya Keyword On Domain (KOD)
  • Judul Blog adalah sekumpulan kata kunci utama yang menggambarkan isi blog anda

Lebih banyak dari BPB Member Area:

4. Membuat Artikel (Konten) untuk Blog Niche

Anda sudah menentukan niche market yang sesuai dengan niche utama blog anda. Maka hal selanjutnya yang tentu harus dilakukan adalah membuat artikel-artikel yang sesuai dengan niche market anda.

Agar semuanya dapat berjalan sesuai dengan rencana dan keinginan, ada 2 hal yang harus anda perhatikan:

A. Lakukan riset keyword dengan benar

Riset kata kunci sangat menentukan apakah nantinya blog anda ramai dan kebanjiran pengunjung atau sepi seperti kuburan. Target kata kunci yang memiliki volume pencarian tinggi dan tingkat persaingan rendah.

Selengkapnya dapat anda baca di Cara Riset Keyword (dalam proses editing)

B. Buat artikel yang berkualitas

Kualitas konten adalah hal yang sangat menentukan apakah nantinya artikel anda dapat melesat dengan cepat ke halaman 1 dan bertahan lama, atau justru sebaliknya. Dan berbicara mengenai artikel berkualitas, maka ini bukan sekedar apa yang anda tulis, namun juga bagaimana cara anda menulisnya.

Sebagai tambahan, anda juga perlu memahami Bagaimana Cara Mengatur SEO On-page Blog

Pastikan anda telah memiliki cukup artikel sebelum mem-publish Blog anda dan mempromosikannya, karena akan menjadi ‘lucu’ (dalam arti kurang baik) jika anda mempromosikan blog yang baru berisi 2 artikel ke teman/follower anda di Social Media.

Tidak perlu banyak-banyak, tergantung dari Niche yang anda ambil – saya rasa 5 hingga 10 artikel sudah cukup sebagai permulaan.

Lebih banyak dari BPB Member Area:

Jika ke-4 hal diatas sudah anda lakukan dengan baik, maka anda boleh sedikit menepuk dada karena telah berhasil menyelesaikan tahap awal dari membuat Blog Niche Berkualitas yang memiliki kemungkinan besar untuk menjadi Populer.

Tugas anda selanjutnya adalah melakukan perawatan terhadap blog anda, seperti rutin meng-update artikel (tidak harus setiap hari) dan membangun backlink dengan benar untuk meningkatkan posisi serta jumlah visitornya.

Dan yang paling penting dari semuanya, anda harus memikirkan bagaimana cara terbaik untuk mengoptimalkan pendapatan dari blog anda nantinya – apabila sudah populer.

So....., do it!

Namun sebelum anda melakukannya, silahkan tinggalkan tanggapan anda pada kolom komentar, saya pasti akan membalasnya...

7 komentar:

  1. "Membuat Artikel (Konten) untuk Blog Niche"
    Ini yang paling buat saya bahagia konten blog dapat mengalahkan semuanya, terimakasih sudah berbagi min:)

    BalasHapus
  2. ditungu artikel riset keyword nya mas..
    thanks..
    sedikit sadar habis baca ini.. :v
    ternyata niche umum itu kurang sip :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah habis lebaran saya update lg blog ini... just wait the BIG NEWS..

      Hapus
  3. Saya selama ini langsung ke tool keyword plannar mas,,hasilnya hmm,,belum ada hasil mas :(

    BalasHapus
  4. selalu kekuatan yang lemah nya berujung pada penulisan artikelnya....

    BalasHapus