5 Alasan Membuat Blog Niche Adalah Pilihan Yang Terbaik

By
Sepertinya masih banyak yang belum paham jika dalam dunia blogging – secara umum anda dapat membaginya dalam 2 kategori, yaitu Lifestyle Blog dan Niche Blog.

Lifestyle Blog adalah blog yang berisi tentang segala hal dalam kehidupan sehari-hari dari Blogger tersebut, atau kalau di kalangan IM Indonesia lebih sering disebut sebagai Blog Gado-Gado. Termasuk dalam kategori ini adalah Blog Berita / Blog Magazine.

Sedangkan niche blog atau Blog Niche adalah blog yang hanya membahas satu topik/tema umum saja dalam semua artikel-artikelnya.

Yang mana yang terbaik?

Saya tidak ingin memberikan penilaian secara subjektif, karena pada kenyataannya kedua model blog tersebut sama-sama bisa sukses. Namun jika ditanyakan kepada saya, maka saya akan menjawab Blog Niche adalah pilihan yang paling tepat untuk memulai. Apalagi jika anda bekerja sendiri.

mengapa blog niche pilihan terbaik

Mengapa Memilih Blog Niche Lebih Baik Daripada Blog Gado-Gado / News

Sebelum saya menjelaskan berbagai alasan yang menjadi dasar dari pernyataan saya, coba anda jawab dulu beberapa pertanyaan berikut ini:
  • Apa anda bekerja sendiri atau bersama tim?
  • Apa anda memiliki kemampuan finansial yang cukup untuk mengembangkan blog anda?
  • Apa ilmu SEO anda sudah termasuk level Medium – Up?
  • Apa anda serius ingin membangun sebuah bisnis atau hanya iseng?

Jawaban anda dari pertanyaan-pertanyaan tadi dapat menjadi acuan anda dalam mempertimbangkan apa yang akan saya sampaikan berikut ini:

1. Blog Niche Lebih Mudah Dibuat

Masalah utama dari banyak Blogger adalah Fokus. Susah sekali untuk tetap konsisten menulis artikel, apalagi jika blog-nya memiliki tema yang gado-gado. Alhasil seringkali mereka menggunakan jalan pintas dengan me-rewrite (dengan / tanpa bantuan tools), hingga yang terparah adalah dengan melakukan copas.

Saya tidak mengatakan ini tidak dapat mendatangkan uang, tapi coba dipikir, dengan kualitas konten yang rendah seperti itu, apa bisa anda berharap hasil yang maksimal dan berjangka panjang?

Berbeda dengan ketika anda membangun sebuah blog yang memiliki tema khusus (niche tertentu). Fokus anda tetap dapat terjaga dengan baik karena anda tau apa yang harus dan akan anda tulis.

Saat mengalami kebuntuan ide tulisan, ada banyak metode khusus yang dapat digunakan untuk mencari ide. Dan anda tetap dapat menjaga kualitas konten dalam blog anda (ini penting sekali).

2. Target Pembaca Lebih Pasti

Saat berbicara mengenai traffic pengunjung, maka mesin pencari bukanlah satu-satu sumber. Ada banyak sumber untuk mendatangkan pengunjung ke blog kita. Salah satu contohnya adalah media sosial.

Anda dapat mempromosikan konten blog anda di grup-grup yang sesuai dengan niche anda di berbagai media sosial untuk mendatangkan pengunjung.

blog niche memiliki pasar yang pasti

Tentu blog gado-gado juga dapat menerapkan teknik yang sama, namun coba balikkan pertanyaan ini ke diri anda sendiri:

Contoh

Saat ada 2 blog mempromokan konten yang sama-sama membahas tentang iPhone terbaru di salah satu grup terkait. Kebetulan saat itu anda memang sedang mencari informasi tersebut, saat anda menuju tautan yang diberikan – yang satu menuju ke blog gado-gado yang berisi berbagai macam kategori (yang tidak terkait dengan iPhone), dan yang satu lagi adalah blog yang semua kontennya terkait dengan informasi yang anda butuhkan.

Kira-kira, di blog mana anda akan lebih betah untuk berlama-lama? Ingat, lamanya waktu kunjungan juga merupakan salah satu faktor yang dijadikan dasar untuk menaikkan / menurunkan peringkat sebuah blog.

Kira-kira, blog mana yang akan anda ingat ketika ingin mencari informasi tentang iPhone di lain waktu?

3. Blog Niche Lebih Mudah Di-Optimasi

Saat Google meng-upgrade ‘kecerdasan’ mesin pencarinya seperti sekarang, saya semakin “bersyukur” telah memilih jalur yang tepat (the right path) dalam aktifitas Blogging yang saya jalani.

Saat ini robot-robot Google semakin pintar dalam membaca Fakta yang sesungguhnya dalam sebuah konten, dan backlink menjadi semakin kurang berarti (kecuali backlink yang relevan dan berkualitas tentunya). Jadi hanya dengan melakukan optimasi on-page secara benar, itu sudah mampu membuat Google melirik blog / artikel kita.

Plus, karena isi konten dalam Blog Niche semuanya terkait dan saling menguatkan, maka semakin mudah pula untuk meningkatkan Authority-nya (satu lagi poin penting dalam SEO) hanya dengan sedikit membuat backlink.

Saat Authority blog kita sudah tinggi, maka teknik-teknik SEO negatif yang dilakukan kompetitor (berjiwa miskin dan picik) tidak akan terlalu berpengaruh pada posisi blog kita di mata Search Engine.

4. Lebih Mudah di-Monetize dan Lebih Menguntungkan

Bagi anda yang sudah men-download 2 Ebook yang saya bagikan di Ads.id (sudah ribuan download) dan sudah membacanya, maka anda tentu ingat tulisan saya yang menyatakan,
500 UV/day yang memang benar-benar “membutuhkan sesuatu” akan jauh lebih bernilai dibanding 10.000 UV/day yang hanya sekedar ingin membaca
Tidak peduli apapun yang anda gunakan sebagai cara mendapatkan uang dari blog yang anda bangun, blog niche akan memberikan hasil yang lebih optimal.

blog niche lebih mudah di-uangkan

Saat anda memasang Adsense, maka iklan-iklan yang dimunculkan menjadi lebih tertarget, dan ini memiliki rata-rata nilai CPC yang lebih tinggi daripada blog-blog yang memiliki tema gado-gado. Tentu saja anda harus pandai memilih Niche dan keyword, dan ini juga tidak terlalu sulit untuk dilakukan.

Stres dengan Penghasilan Blog Adsense Anda yang 'segitu-segitu' aja?
Coba cari tahu Apa Masalahnya... Klik Disini

Saat anda bermain affiliate, menjual ruang iklan, ataupun menjual produk tertentu – maka Blog Niche juga lebih dipercaya oleh visitor dan advertiser.

Dimana anda akan memilih membeli Ebook Panduan SEO, Template/Theme, dan Tools-Tools Terkait?

A. Blog yang khusus membahas tentang SEO dan Internet Marketing
B. Blog yang membahas kata-kata bijak, gosip artis, perawatan rambut, dll

Jika anda produsen produk perawatan kulit, dan ada 2 orang Blogger yang menawarkan slot iklan di blog mereka, yang satu memiliki Blog dengan Niche Kecantikan Kulit – satunya lagi memiliki Blog dengan Niche Gado-Gado. Kira-kira ke blog yang mana anda akan memasang iklan?

5. Niche Blog Memiliki Umur Panjang

Blog niche lebih mudah untuk mendapatkan loyal visitor. Alasannya sudah jelas, apa yang anda bahas disana hanya spesifik mengenai 1 topik, dan itu sangat mendalam. Apa lagi yang dibutuhkan visitor? Jika memang apa yang anda tulis benar-benar berkualitas (dapat dipelajari dan ada tekniknya), maka Popularitas bukan sebuah hal yang mustahil.

blog niche lebih berumur panjang

Silahkan beri tanggapan anda mengenai apa yang saya tulis diatas jika memang memilikinya. Saya pasti akan menjawabnya..

2 komentar:

  1. Blog niche awalnya memang susah mendapatkan trafic, bahkan alexa susah banget turunnya.. Tp settelah 1 bulan rajin posting mulai ada hasilnya. Makasih bro tipsnya. Makin mantap ama mbak niche hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Indeed. Jangan konsentrasi di nilai alexa, kosentrasi di isi konten dan konten marketing aja.
      Blog kita butuh Real visitors, bukan angka2 data yg gampang dimanipulasi, keep on bro...

      Hapus